Sukses

Gigi Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Gigi ternyata berhubungan dengan kesehatan tubuh lainnya. Kondisi gigi menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan kita.

Mungkin kita menganggap gigi hanya digunakan untuk menggitit, merobek, dan mengunyah makanan. Sehingga kadang kesehatan gigi masih terabaikan. Padahal kalau gigi sehat, tubuh kita yang lain juga ikut sehat.

Gigi ternyata berhubungan dengan kesehatan tubuh lainnya. Kondisi gigi menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan kita. Berikut pemaparannya , yang dikutip dari Women's Health, Jumat (29/3/2013).

Penyakit jantung dan stroke

Berbagai penelitian telah menetapkan bahwa peradangan dan bakteri di mulut dan gusi bisa terhubung dengan aliran darah. itu menyebabkan penebalan arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung. Sedangkan plak lemak terbangun di dalam bisa menyebabkan pembuluh pecah hingga ke otak dan menyebabkan stroke.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menganalisis data lebih dari 11.000 orang dewasa. Dan menemukan bahwa peserta yang jarang menyikat gigi memiliki peningkatan 70 persen terhadap risiko penyakit jantung dibanding dengan yang sikat gigi dua kali sehari.

Diabetes

Dokter telah lama tahu bahwa penderita diabetes tipe dua memiliki peningkatan terhadap penyakit periodental (berhubungan dengan gigi). Tapi ternyata, mencegah infeksi gusi merupakan langkah awal mencegah diabetes.

Sebuah studi baru dari Columbia University Mailman School of Public Health mengikuti 9.296 peserta nondiabetes selama 20 tahun. Dan ditemukan bahwa orang yang memiliki tingkat lebih tinggi penyakit periodental, berisiko dua kali terkena diabetes tipe 2 dibanding yang tingkatnya lebih rendah atau tidak ada infeksi gusi.

Satu teori mengusulkan bahwa infeksi mulut serius bisa menyebabkan peradangan tingkat rendah di seluruh tubuh, Peradangan itu bisa merusak kemampuan tubuh untuk memroses gula.

Infeksi pernafasan

Berdasarkan studi baru dalam Journal of Periodontology, menjaga mulut tetap bersih dan sehat juga bantu melindungi paru-paru.

Di kolam renang, dari 200 peserta berusia 20 sampai 60 tahun, peneliti menemukan bahwa pasien yang menderita penyakit pernafasan, seperti pneumonia, bronkitis akut, infeksi saluran pernafasan atas atau COPD memiliki kesehatan periodental yang lebih buruk dibanding dengan yang tidak menderita.

Alasan untuk hubungan itu kemungkinan terletak pada bakteri dari penyakit periodental yang terbentuk di tenggorokan bagian atas. Dari situ mudah terhirup ke saluran pernafasan bagian bawah dan bisa menghambat pernafasan. Bahkan berkembang jadi masalah paru-paru yang serius.

Karena itu, mulai sekarang jagalah kesehatan gigi dengan baik dan jangan sampai tidak menggosok gigi. (Zul/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.