Sukses

Simpan Obat di Lemari Es, Pengaruhi Mutu Obat Nggak ya

Tidak semua obat bisa disimpan di lemari es karena akan memengaruhi mutunya. Maka itu BPOM memberikan tips mengetahui cara menyimpan obat yang aman

Ketika Anda membeli obat di Apotek atau di rumah sakit pernahkah Anda memperhatikan petunjuk obat dalam kemasan yang tertulis 'Simpan di tempat yang sejuk'.

Jika pernah, pasti pemikiran Anda, asalkan dengan suhu yang sejuk, obat-obatan khususnya obat cair aman disimpan di lemari es. Padahal tidak semua obat bisa disimpan di lemari es karena akan memengaruhi mutunya.

Begitulah yang dikatakan oleh Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan Badan POM, Dra. Reri Indriani, Apt, M.SI yang berkata kalau sebenarnya menyimpan obat di dalam kulkas boleh saja tapi lebih baik disimpan dalam suhu normal yang tidak terkena sinar matahari karena dapat merusak obat.

"Tidak semua obat bisa dimasukkan ke lemari pendingin.  Apalagi menyimpan obat cair supositoria pada area pembeku lemari es (freezer)," jelas Reri yang ditemui di kawasan Ahmad yani, Jakarta, seperti ditulis Jumat (29/3/2013).

Untuk obat berbentuk tablet, sebaiknya jangan disimpan di lemari es karena obat tablet ini sifatnya kering jadi kalau dimasukkan ke kulkas akan lembap dan akan memengaruhi kualitas dan mutu obat.

Dalam kesempatan yang sama, Reri juga menyarankan untuk jangan menyimpan obat di dalam mobil untuk jangka waktu yang lama, segera membuang obat yang sudah kadaluarsa, buang obat dengan cara melepas obat dari kemasannya, dan buang ditempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

"Selain itu Anda harus simpan obat pada wadah aslinya. Jadi jangan mencampur beberapa obat dalam satu wadah. Juga letakkan obat pada tempat yang kering, sejuk, tidak lembab," pungkasnya. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.