Sukses

Sauna Bikin Jumlah Sperma Pria Menyusut

Meski membuat para pria rileks dan segar, sauna bisa jadi bumerang karena mampu menurunkan jumlah sperma.

Anda yang gemar sauna, hati-hatilah! Sebuah penelitian menyebutkan aktivitas sauna dapat menurunkan jumlah sperma. Namun, tentu saja ini bukan berarti pria dilarang ke sauna.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa seorang pria Finlandia usia 30 tahun yang sehat dengan jumlah sperma normal menghabiskan 15 menit di sauna dua kali seminggu selama tiga bulan. Setelah itu, ia berhenti mengunjungi sauna.

Ternyata, setelah dicek jumlah sperma pria tersebut berada di bawah normal. Namun, jumlah itu kembali normal setelah enam bulan.

"Temuan ini masuk akal," kata Dr Andrew Kramer, seorang Urolog di University of Maryland Medical Center, seperti dikutip nbcnews, Selasa (25/3/2013).

Menurut Dr Kramer, sauna dilakukan di dalam ruangan bersuhu tinggi yang bisa memengaruhi produksi sperma."Testis turun agar bisa didinginkan oleh tubuh," kata Kramer.

Padahal, saat testis mengencang, akan memproduksi sperma. Sementara selama sauna, suhu di skrotum meningkat 3 derajat Celcius.

Namun, temuan itu tak menilai kesuburan pria sehingga tak bisa diketahui apakah kesuburan pria menurun selama melakukan sauna. Jumlah sperma seorang pria tak selalu sebanding dengan tingkat kesuburannya. Alhasil, sauna tak bisa digunakan untuk metode mencegah kehamilan.

"Menghindari testis kepanasan khususnya akibat paparan suhu panas saat sauna biasa disarankan dalam konseling pada pria yang mengeluh soal kesuburannya," kata peneliti Carlo Foresta, Guru Besar Endokrinologi di Universitas Padova, Italia.

Kramer mengatakan, penelitian ini tak memberi cukup bukti untuk menyebut pria yang sehat tak harus mendatangi sauna. Penelitian ini hanya dilakukan terhadap 10 orang sehingga perlu dilakukan penelitian lanjut.

"Penelitian tambahan juga diperlukan untuk melihat efek dari paparan sauna pada pria terhadap penurunan kesuburan atau pada laki-laki yang mengalami pubertas," ujar Foresta.

Pada penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam Jurnal Human Reproduction ditemukan bahwa menggunakan bak air panas serta duduk dalam jangka waktu lama sambil meamngku laptop bisa menurunkan jumlah sperma. (Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini