Sukses

SMA Oregon Sediakan Toilet Khusus untuk Murid Gay dan Lesbi

Menengah Atas (SMA) Oregon di Amerika Serikat menyediakan toilet unisex untuk siswa transgender. Toilet tersebut bisa digunakan siswa maupun gurunya.

Berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya yang mempunyai toilet hanya untuk pria dan wanita. Sekolah Menengah Atas (SMA) Oregon, Amerika Serikat menyediakan toilet unisex untuk siswa transgender. Toilet tersebut bisa digunakan siswa maupun gurunya.

Walaupun hingga kini penyediaan toilet transgender masih menuai kontroversi, tapi toilet di sekolah Oregon itu merupakan hibah setelah sebelumnya pemerintah Amerika Serikat mengesahkan RUU yang melindungi orang-orang LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) dari diskriminasi.

Toilet transgender ini juga merupakan toilet pertama di Amerika Serikat karena sebelumnya pernah dibangun toilet transgender di Portland’s Grant High School.

Pihak sekolah Oregon mengakui kalau toilet ini dibuat untuk membuat para siswa nyaman berada di sekolah dan merasa seperti di rumah.

"Proyek toilet ini hanya menghabiskan 500 dolar untuk membuat siswa merasa aman dan nyaman," kata Wakil Kepala Sekolah Kristyn Westphal.

Sementara itu seorang siswa berusia 17 tahun di sekolah Oregon, Scott Morrison mengaku kalau dirinya lahir sebagai perempuan tapi diidentifikasi oleh dokter sebagai laki-laki.

"Anda bahkan tidak harus berpikir tentang hal itu, karena adanya toilet itu merupakan hal yang bagus buat kami," kata Morrison, seperti dilansir Nydailynews, Selasa (26/3/2013). (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.