Sukses

5 Cara Mudah Lenyapkan Insomnia

Sulit tidur memang merepotkan. Selain menggangu produktivitas juga bias menyebabkan gangguan kesehatan

Sulit tidur di waktu bakal merepotkan. Betapa tidak, esok hari harus bekerja sementara rasa kantuk menyerang akibat kurang tidur. Kacau semua jadinya. Lebih dari itu, bila hal ini berlangsung berkepanjangan atau yang sering disebut insomnia, gangguan seperti tekanan darah tinggi bisa Anda alami.

Karena itu, Anda perlu tahu bagaimana caranya agar bisa mudah tidur di malam hari seperti kiat yang dikutip dari She Knows, Selasa (26/3/2013).

1. Tenangkan pikiran

Menenangkan pikiran bisa dimulai dengan berdoa atau bermeditasi, baru tidur.  Lepaskan segala obsesi dan bekas-bekas pikiran hasil diskusi dan obrolan sebelumnya yang masih berputar di kepala.

Di dalam kotak peralatan mental, meditasi adalah obeng yang kuat, tahan dan portabel. Studi menunjukkan bahwa secara umum, meditasi bisa mengurangi jumlah tidur yang dibutuhkan. Pastikan tetap bernapas dengan lambat dan mendalam.

2. Latihan

Sediakan waktu untuk fisik. Usahakan ini dilakukan di sore hari dan jangan menjelang tidur. Bila demikian, justru tidak bisa tidur. Aktivitas fisik di sore hari terbukti memudahkan Anda terlelap dalam mimpi di malam hari.

3. Makan dengan benar

Jika ingin langsung tertidur, hindarilah mengonsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur. Hindari pula makana-makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga alkohol. Lebih baik Anda minum susu atau cokelat karena dua bahan ini mengandung zat yang memudahkan tidur, melatonin.

4. Hindari bacaan dan televisi
Dua hal ini akan mengganggu Anda, terutama bila bacaan dan televisi yang ditonton menyajikan hal-hal yang menyeramkan atau mengganggu pikiran kita.

5. Lakukan relaksasi
Bisa dilakukan dengan pijat atau menghirup aromaterapi yang memudahkan Anda istirahat seperti chacomile, bergamot, sandalwood, atau mandarin. (Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.