Sukses

Gigi Rontok Semua Akibat Minum Teh Celup 100 Kantong Sehari

Akibat minum teh celup 100 kantong setiap hari selama 17 tahun, seorang wanita Michigan, Amerika Serikat kehilangan semua giginya.

Akibat kebiasaan minum teh celup 100 kantong setiap hari selama 17 tahun, seorang wanita asal Michigan, Amerika Serikat kehilangan semua giginya. Wanita usia 47 tahun itu didiagnosis mengalami penyakit tulang langka.

Ia memeriksakan diri ke dokter di Rumah Sakit Henry Ford, Detroit, Michigan setelah mengalami nyeri dan kekakuan di punggung, lengan, kaki, dan pinggul. Giginya juga menjadi begitu rapuh dan harus dicabut.

Sinar-X menunjukkan bahwa ia memiliki kepadatan tulang yang tidak normal di beberapa ruas tulang belakang vertebra dan kalsifikasi (perubahan secara anatomi) pada ligamen (jaringan ikat) di lengannya. Kadar flourida wanita itu diuji dan ditemukan empat kali lebih tinggi dibanding yang normal.

Fluorosis atau berlebihnya flourida pada tulang sangat jarang terjadi di Amerika Serikat dan Inggris. Namun di Cina dan India kejadian ini banyak karena air minum secara alami mengandung fluorida dengan kadar tinggi. Rendahnya tingkat mineral di dalam air minum di Inggris dan AS, memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang.

Dokter menyarankan air sebaiknya mengandung fluorida tak lebih dari 4 mg per liter, tapi pasien yang menderita masalah tulang itu telah mengonsumsi 20 mg fluorida per harinya.

Dr Sudhaker Rao, di Henry Ford Hospital, kepada LiveScience, Jumat (22/3/2013), mengatakan, awalnya si wanita itu curiga bahwa dirinya menderita kanker karena saat dipindai dengan sinar-X kondisinya mirip serangan kanker. Namun, Rao bisa mengenali kondisinya itu sebagai fluorosis tulang karena ia pernah menemukannya dalam literatur di India.

Dia menjelaskan, fluorida yang berlebih biasanya dikeluarkan ginjal, tapi jika seseorang mengonsumsinya terlalu banyak maka mineral itu akan tersimpan pada tulang.(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.