Sukses

Sulit Buang Air Besar? Obati dengan 7 Langkah Sederhana

Sulit buang besar kerap merepotkan. Sementara sakit perut tak tertahankan, yang harus dikeluarkan tak kunjung mau kelihatan. Berikut cara mengatasinya.

Sulit buang besar atau sembelit kerap merepotkan. Sementara sakit perut tak tertahankan, yang harus dikeluarkan tak kunjung mau kelihatan. Sengsara jadinya.

Karena itu, untuk menghindari persoalan kecil tapi merepotkan, berikut kiat-kita sederhana untuk terhindar dari gangguan ini seperti dikutip Zeenews, Ju at (22/3/2013):

1. Mulailah mencintai air


Minum setidaknya 3 liter air setiap hari. Ini yang paling sering dianjurkan karena efektif. Pastikan tubuh mendapat cukup air. Hindari minum air keran karena banyak zat tambahan yang tidak baik untuk sistem pencernaan. Anda bisa mencoba air mineral.

2. Tambahkan serat dalam diet


Sebagian besar dokter dan spesialis di seluruh dunia mengatakan sembelit merupakan tanda jelas bahwa Anda kurang serat. Jadi, jangan menunggu dan terapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian, sayuran berdaun, dan perbanyak cairan. Serat akan membantu Anda buang air lebih mudah.

3. Hindari Makanan ini

Untuk membantu mencegah sembelit, Anda harus menghindari atau setidaknya membatasi asupan produk susu seperti susu, yogurt, dan makanan yang kandungan lemaknya tinggi, makanan yang kandungan kolesterolnya tinggi, serta makanan yang diproses. Jangan berpikir makanan berlemak dan junk food karena bisa memperburuk rasa sakit.

4. Meningkatkan aktivitas fisik

Mulailah berjalan atau mencoba latihan sederhana seperti jogging, lompat tali, bersepeda, dan berenang. Hal terbaik yang dilakukan sehari-hari adalah berjalan karena bisa membantu Anda bergerak. Olahraga rutin bisa memompa jantung dan mengalirkan darah,  akhirnya membantu mengatasi sembelit.

5. Coba pengobatan Ini


Anda yang mengalami sembelit bisa mencoba pengobatan rumahan dengan mencoba:
  1. Jus Prune
  2. Makan buah pir saat sarapan atau setelah makan malam
  3. Makan 1-2 buah jeruk sebelum tidur. Ini akan merangsang perut Anda.
  4. Cobalah anggur dan madu yang umumnya dikenal sebagai pencahar alami
  5. Cobalah jus lidah buaya. Aloe vera (lidah buaya) melemaskan otot-otot pencernaan dan usus sehingga feses bisa melewati dengan mudah. Cairan berserat halus dari tanaman lidah buaya menenangkan otot-otot pencernaan Anda dan melembutkan feses Anda.
6. Efek obat

Sebenarnya sembelit bisa karena efek samping obat atau karena beberapa penyakit. Jika Anda minum obat atau menderita penyakit yang berhubungan dengan sembelit, Anda cobalah menghindari makanan yang berisiko membuat sembelit. Diskusikan dengan dokter Anda.

7. Selamat tinggal stres dan depresi


Ucapkan selamat tinggal pada stres dan depresi. Hindari terlibat dengan kegiatan yang bisa memicu stres dan ketegangan serta kekhawatiran.Semua kondisi mental seperti itu bisa mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari dan kebiasaan makanan kita. (Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini