Sukses

VIDEO: Kondisi Fenia, Bayi Kembar Siam Ponorogo Kritis

Fenia Aqya Putri Aurora, salah satu bayi kembar siam dari Ponorogo sedang ditangani dokter agar tekanan darahnya normal kembali.

Fenia Aqya Putri Aurora, salah satu bayi kembar siam dari Ponorogo, Jawa Timur, yang berhasil dipisahkan kini dalam kondisi kritis, Kamis (21/3/2013) pagi. Tim dokter mengusahakan penyelamatan nyawa bayi Fenia agar tekanan darah kembali normal.

Fenia saat ini masih di ruangan recovery ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu Rumah Sakit Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur. Ini karena kadar oksigen dalam jantung di bawah kondisi normal sehingga kemampuan jantung memompa darah menuju jantung terganggu. Karena tidak dapat memompa darah dengan normal, tim dokter melakukan tindakan penyelamatan dengan cara saturasi oksigen untuk menaikkan tekanan darah hingga kembali normal.

"Fenia dalam keadaan kritis karena pasien mengalami operasi dengan luka yang luas sekali. Selain itu ada kelainan jantung yang kompleks," kata Ketua Tim Dokter Kembar Siam RSUD Dr Soetomo, dr Agus Harianto, SpA(k).

Kondisi yang berbeda justru terjadi pada kembarannya yakni Fania yang hingga pagi tadi terus membaik setelah tim dokter yang merawatnya melepas alat bantu respirator. Hingga saat ini, kondisi kedua bayi kembar yang sudah dipisahkan terus diobservasi secara intensif untuk melalui masa kritis.

Bayi kembar dempet dada dan perut, Fania dan Fenia, mesti menjalani operasi pemisahan maraton. Operasi terpaksa dipercepat karena kondisi salah satu bayi memburuk. Tim dokter RSUD Dr Soetomo berhasil menyelesaikan operasi pemisahan dalam waktu enam jam dari prediksi semula selama sembilan jam.(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.