Ibu Hamil Jangan Makan Pepaya Muda, Bahaya!

on

Saat hamil, banyak yang menyarankan agar para ibu atau calon ibu berpikir matang sebelum mengonsumsi makanan tertentu karena ada janin yang tumbuh di dalam dirinya. Demikian juga dengan konsumsi pepaya muda.

Pasalnya, seperti yang dilansir Boldsky, Kamis (21/3/2013) beberapa dokter memang mengizinkan wanita hamil mengonsumsi pepaya asal buah itu sudah matang karena ternyata tingkat kematangan pepaya dapat berpengaruh pada pertumbuhan janin.

Pepaya matang merupakan sumber makanan kaya vitamin A dan B, beta-carotine dan kalium yang diperlukan tubuh. Selama hamil, pepaya matang juga membantu melancarkan kerja sistem pencernaan.

Namun bila yang dikonsumsi pepaya muda, menurut sejumlah dokter ini dianggap tidak aman. Selain pepsins, pepaya juga mengandung zat aktif papain yang bisa memengaruhi tumbuh kembang janin. Dalam kasus tertentu, papain bahkan menghentikan pertumbuhan janin.

Seperti dilaporkan British Journal of Nutrition, pepsins yang banyak terkandung dalam getah pepaya mentah akan menyebabkan kontraksi pada rahim hingga keguguran kandungan. 

Papain, bahkan juga melemahkan membran penting yang memengaruhi kelangsungan hidup janin. Jadi jika wanita memiliki riwayat keguguran atau persalinan prematur karena kontraksi dalam rahim, waspadai pepaya. 
 
Sayangnya, beberapa wanita justru malah memanfaatkan getah pepaya mentah untuk melakukan aborsi. Tentu saja, ini cukup membahayakan karena wanita hamil yang makan pepaya mentah bisa mengalami pendarahan hebat apalagi jika dikonsumsi di awal kehamilan. Dan jika pepaya muda dikonsumsi terus menerus, ini bisa menyebabkan persalinan dini.

Sementara itu, wanita hamil yang alergi getah pada buah-buahan juga perlu hati-hati terhadap beberapa buah seperti pisang, chestnut, gandum dan apel. Konsultasikan dengan dokter jika Anda tidak yakin akan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak. (Fit/Abd)
Suka artikel ini?

0 Comments