Sukses

Minyak Ikan Kod, Optimalkan Perkembangan Fungsi Otak Anak

Minyak ikan kod kaya vitamin dan mineral. Selain vitamin A dan D, juga mengandung omega-3, EPA dan DHA

Salah satu sumber protein yang bagus dikonsumsi anak bersumber dari ikan atau produk lain dari bahan makanan ini, yakni minyak ikan. Kenapa baik? Karena bahan makanan ini tidak mengandung lemak jenuh yang berisiko menyebabkan beragam penyakit.

Sayangnya, menurut spesialis gizi klinik, dr. Fiastuti Witjaksono SpGK, pada konferesi pers dan talk show bertajuk Menggali Peran Cod Liver Oil Melalui Champs Emulsion dalam Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak di FX senayan, Rabu 20 Maret 2013 konsumsi ikan di Indonesia termasuk rendah, hanya 8 gram perkapita per hari. Padahal seharusnya konsumsi ikan sekitar 50-70 gram per hari.

Untuk mengatasi kekurangan asupan gizi terutama protein tambahan suplemen atau vitamin merupakan langkah tepat selain dari ikan segar, salah satunya minyak ikan kod (Cod Liver Oil).

"Cod Liver Oil juga kaya akan vitamin A dan vitamin D sehingga membantu asupan vitamin A dan vitamin D. Dan perlu kita tahu, kandungan nutrisi dalam Cod Liver Oil bermanfaat membantu kecukupan gizi anak sehingga juga membantu tumbuh kembang anak agar optimal," kata Fiastuti.

Selain itu, menurut Fiastuti, minyak ikan kod mengandung asam lemak omega 3 atau asam lemak tidak jenuh ganda. Kandungan lainnya adalah eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA) yang membantu mengoptimalkan perkembangan fungsi otak anak. (Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini