Sukses

5 Kiat Menangani Penderita Epilepsi

Saat serangan datang, penderita epilepsi bakal tak sadar diri. Anda perlu tahu cara membantunya saat hal itu terjadi.

Epilepsi atau kejang yang terus menerus dialami seseorang hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Karena kejang atau gejalanya seringkali tidak bisa diprediksi, penderita epilepsi seringkali membutuhkan pertolongan dari orang disekitarnya untuk membantunya.

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menolong penderita yang mengalami serangan epilepsi mendadak di tempat umum menurut dokter spesialis saraf, dr. Suryani Gunadharma, Sp.S (K), Kamis (21/3/2013).

1. Berteriak
 
Ketika kita menemukan seseorang yang terus kejang di tempat umum, yang pertama kita lakukan adalah berteriak minta tolong. Selagi Anda membantu penderita epilepsi, orang lain diharapkan akan membantu Anda menghubungi ambulans atau keluarganya. 
 
2. Pinggirkan ke tempat yang aman
 
Penderita epilepsi biasanya tidak sadar dengan apa yang dialami. Ada baiknya membawanya ke pinggir jalan atau tempat yang lebih aman saat serangan itu datang.

3. Miringkan ke kanan
 
Hadapkan wajahnya ke kanan atau kiri, jangan sampai didongakkan. Ini akan membantu membuka jalan napasnya. 
 
4. Longgarkan pakaiannya
 
Jika orang yang epilepsi tersebut mengenakan pakaian ketat atau berdasi dan menggunakan gesper, sebaiknya longgarkan. 
 
5. Tunggu hingga sadar dari kejang
 
Ini adalah hal yang paling penting. Perlu diketahui, penderita epilepsi biasanya tidak sadar dengan apa yang terjadi sebelumnya.

"Jika dia sadar, mungkin Anda bisa menanyakan misalnya apakah ini kejang untuk pertama kalinya atau sudah biasa terjadi. Karena jika dia baru pertama kali mengalaminya, Anda harus membawanya ke rumah sakit. Tapi jika ini sudah berulang kali terjadi padanya, Anda harus membawanya ke rumahnya," ujar Suryani (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini