Sukses

Daftar Penyakit yang Butuh Biaya Mahal versi Kemenkes

Ada beberapa penyakit yang ternyata membutuhkan biaya yang tinggi seperti yang diungkapkan Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi dalam pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2013.

Mahalnya biaya rumah sakit seharusnya membuat seseorang semakin sadar untuk mencegah suatu penyakit. Namun ada beberapa penyakit yang ternyata membutuhkan biaya yang tinggi.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2013 di Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Untuk mengendalikan penyakit tersebut, Nafsiah berharap kepada para dokter di kota maupun daerah untuk terus meneliti penyebab dan cara pencegahan yang efektif

Daftar penyakit yang disebutkan ini diurutkan dari yang paling mahal menurut data Kementrian Kesehatan tahun 2012 yang dihitung dari total rawat jalan dan rawat inap selama tahun 2012, yaitu sebagai berikut:

1. Haemodialisa (cuci darah)

Haemodialisa dikenal sebagai terapi pengganti ginjal akibat gagal ginjal. Walaupun hemodialisa tidak menyembuhkan atau memulihkan, namun pasien ini harus menjalani terapi hemodialisa sepanjang hidupnya, biasanya 3 kali seminggu selama paling sedikit 3 atau 4 jam setiap terapi.

Menurut Nafsiah, untuk haemodialisa butuh biaya setidaknya Rp 227 miliar. Maka dari itu terapi ini dianggap paling mahal.

2. Sectio Caesarea

Sectio Caesarea atau lebih kita kenal dengan operasi caesar ini bisa menghabiskan biaya hingga Rp 206 miliar untuk total rawat jalan dan rawat inap.

3. Kanker

Untuk penyakit yang satu ini sudah banyak pasti yang mengira kalau biayanya mahal, dan memang terbukti total biaya yang bisa Anda habiskan mencapai Rp 144 miliar.

4. TBC

Tuberkulosis menurut Nafsiah merupakan penyakit keempat termahal karena jika Anda terkena penyakit tersebut, Anda harus mengeluarkan setidaknya Rp 106 miliar.

5. Thalasemia

Thalasemia merupakan penyakit turunan berbahaya yang ditandai dengan kondisi sel darah merah yang rusak atau usianya lebih pendek dari sel darah normal (120 hari). Akibatnya penderita thalasemia akan mengalami gejala anemia diantaranya pusing, pucat, badan sering lemas, sukar tidur, nafsu makan hilang, dan infeksi berulang.

Data Kemkes menyebutkan kalau total rawat jalan dan rawat inap tingkat lanjutnya di Indonesia adalah Rp 59 miliar.

5. Jantung

Sebelumnya banyak yang mengira kalau penyakit jantung adalah penyakit yang paling mahal. Memang benar, tapi penyakit ini jauh lebih murah dibandingkan kanker maupun lainnya, yaitu jika dihitung dari total rawat jalan dan rawat inap mencapai Rp 22 miliar.

7. Malaria

Dari segi penyakit, mungkin Anda seringkali meremehkan penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Padahal jika dihitung, penyakit ini tergolong mahal yaitu capai Rp 17 miliar

8. HIV/AIDS

Untuk jenis penyakit ini, menurut Nafsiah bisa capai Rp 8 miliar. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini