Lepas Stres dengan Meniru 5 Perilaku Anak

  • Info Sehat
  • 0
  • 16 Mar 2013 09:34

sikap-anak-130315.jpg
Ada banyak cara melepas stres dan ketegangan akibat kesibukan sehari-hari mulai dengan mendengarkan musik, menonton film melakukan aktivitas fisik entah itu senam atau olahraga.

Cara lain yang cukup unik ini bisa juga Anda coba, yakni bersikap seperti anak-anak. Sesekali, perhatikan tingkah laku anak-anak dan tirulah. Bagi yang belum berkeluarga, bisa meniru dari adik atau anak-anak lainnya. Berikut sikap anak-anak yang patut ditiru untuk mengusir stres seperti dikutip dari Huffington Post, Sabtu (16/3/2013).

1. Lakukan gerakan fisik

Naik sepeda atau lakukan peregangan dan berjalan-jalan. Bisa juga lakukan gerakan lain agar badan bergerak. Anda pun bisa bersenang-senang dengan hula hoop. Menarilah di sekitar ruang tamu. Jingkat-jingkat di lantai juga boleh.

2.Bersikap kreatif

Anda tidak perlu menjadi seniman untuk membuat karya seni. Lakukanlah sesuatu yang kreatif seperti mewarnai serbet atau berfoto dengan ponsel. Hasil akhirnya seperti apa tidak penting. Yang penting adalah bersikap kreatif serta melihat apa yang ada di sekitar dan rekamlah.

3. Menenangkan diri

Gunakan panca indera mulai dari perasa, penciuman, penglihatan, pendengaran, hingga peraba. Gigitlah makanan yang lezat, satu dua kali. Cium bau yang menyenangkan di sekitar misalnya bunga, parfum, atau losion. Dengarkan suara yang menenangkan, bisa juga musik kesukaan.

Carilah pemandangan yang indah dan menenangkan, seperti pohon di luar jendela atau lukisan di dinding rumah. Simpanlah batu atau sesuatu yang bertekstur di saku untuk dipegang dan timanglah hewan peliharaan Anda.

4. Jaga tubuh

Makanlah dengan teratur, minum air secukupnya, serta jaga jam tidur Anda. Perhatikanlah segala keluhan fisik. Mungkin itu hal kecil, tapi bisa memengaruhi suasana hati.

5. Bersenang-senang dan bertingkah laku konyol

Biarkan anak menjadi pemandu tingkah laku konyol Anda. Bermain gelembung sabun bersama juga akan menyenangkan. Bersikap seperti anak-anak tak hanya menyenangkan, tetapi juga menjadikan momen itu menjadi milik Anda. Jadi, lakukan sesuka Anda.(Zul/Igw)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler