Sukses

Kusta, Menular Tak Secepat TBC

Tak seperti TBC, penyakit kusta penularannya tidak cepat meski kita harus tetap hati-hati dengannya


Masyarakat tidak perlu khawatir dengan penularan kusta karena daya tularnya rendah tidak seperti TBC yang penularannya cukup cepat.
    
"Kusta ini daya tularnya sangat rendah, masa inkubasinya juga lama, bisa 3 hingga 4 tahun lamanya," kata Direktur Rumah Sakit Sehat Terpadu Dompet Duafa dr Yahmin Setiawan seperti dikutip Antara, Jumat (15/03/2013).

Yahmi menjelaskan, kusta tidak tergolong sebagai penyakit mematikan, hanya saja tingkat kecacatan yang ditimbulkannya menjadikan penyakit tersebut sebagai "kutukan" di masyarakat.

Stigma di masyarakat membuat penderita kusta dikucilkan dan dijauhkan. Padahal penyakit tersebut tingkat bahayanya tidak terlalu parah.
     
"Berbeda dengan TBC, yang tingkat penularannya sangat cepat dan hanya lewat batuk virusnya sudah menular. Sementara kusta, bila si penderita sudah mendapatkan pengobatan, virus tidak akan menyebar lagi," katanya.

Kasus kusta di Kabupaten Bogor kembali mencuat setelah ditemukan satu kelaurga asal Kampung Salimun, Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parung Panjang menderita kusta. Mereka terdiri dari bapak dan dua anaknya.

Satu keluarga penderita kusta ini sempat menjalani perawatan di RS Sehat Terpadu Dompet Duafa. (Abd/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini