Sukses

Bawang Putih, Taklukkan Beragam Penyakit

Puluhan manfaat kesehatan dari bawang putih membuat kita maklum kenapa bawang putih dibutuhkan dalam hampir setiap jenis masakan

Akhir-akhir ini harga bawang putih maupun merah meroket hingga 30 persen dari harga sebelumnya. Sekilo bawang putih bisa dihargai 50.0000 hingga 100.000 rupiah.

Tak heran bila banyak masyarakat kelimpungan terutama mereka yang mata pencahariannya berdagang makanan. Maklum, kebanyakan masakan menyertakan bawang entah putih atau merah sebagai bumbunya.

Selain membuat sedap dan harum, bawang putih maupun merah memiliki beragam khasiat untuk kesehatan Anda dan membantu mengatasi gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga berat.

Menurut ahli herbal Ir. W.P. Winarto seperti dikutip dari buku yang ditulisnya berjudul Memanfaatkan Tanaman Sayur untuk Mengatasi Aneka Penyakit, pada Jumat (15/03/2013), bawang putih yang memiliki nama latin Allium sativum L dan termasuk famili Liliaceae ini mengandung vitamin B dan C serta beberapa mineral, seperti fosfor, kalsium, kalium, dan besi.

Tiap 100 gramnya juga terkandung 95 kalori. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit antara lain bronkitis, influenza, rematik, beri-beri, migrain, hipertensi, radang telinga, sinusitis, asma, batuk biasa, batuk rejan, diare, gondongan atau parotitis, dan hepatitis.

Selain itu, penyakit sering buang air kecil atau polyuria, sakit ketika haid atau dismenorhea, kanker lambung, kanker paru-paru, kanker payudara, keracunan, dan sakit disengat lipan termasuk penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi bawang putih.

Beberapa penyakit berat lain semisal TBC, radang pada selaput otak (epidemic cerebrospinal meningitis), pendarahan pada hidung (mimisan), radang lambung akut, impotensi, fridigitas pada wanita, ascites, sakit gigi, mandul, serta berbagai gangguan pencernaan bisa dibantu diselesaikan dengan konsumsi bawang putih.

Anda yang butuh tambahan stamina, ingin selalu bugar dan meningkatkan gairah seksual dan kekebalan tubuh dapat memanfaatkan bawang putih.

Meski beragam manfaat, jangan Anda serta merta menyelesaikan persoalan-persoalan sakit seperti yang sudah disebut semata hanya dengan bawang putih. Tentu periksa ke dokter yang ahli di bidangnya merupakan tindakan yang tepat. (Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini