Sukses

Pasien yang Berobat di RS Apung Kepulauan Seribu Gratis

Rumah Sakit Apung bakal beroperasi di Kepulauan Seribu. Bagi para pasien yang ada di kepulauan, tidak perlu khawatir dengan biaya karena tak dipungut biaya alias gratis!

Rumah Sakit Apung bakal beroperasi di Kepulauan Seribu. Meski pengobatan dilakukan di atas kapal, rumah sakit yang digagasi DoctorSHARE itu telah dirancang dengan standar prosedur yang baik dan lengkap. Bagi para pasien yang ada di kepulauan, tidak perlu khawatir dengan biaya karena tak dipungut biaya alias gratis!

Rumah sakit apung seluas 23,5 × 6,55 meter dibangun sejak 2008 ini dan sekarang sudah selesai dimodifikasi.

Fasilitas yang tersedia telah disetarakan dengan fasilitas rumah sakit, seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur,kamar mandi, serta ruang kemudi kapal.

Untuk jam operasionalnya, rumah sakit apung tidak seperti rumah sakit di darat karena berada di atas laut sehingga kondisinya tidak bisa dipastikan. Rencananya, rumah sakit beroperasi di suatu daerah per term atau selama seminggu, tidak bisa dihitung per jam.

"Operasionalnya sedang kami susun, tapi gambaran saya sih ya seperti ini. Di suatu daerah kita rencanakan beberapa hari. Untuk kegiatannya itu akan seperti per term. Ada kegiatan selama seminggu misalnya dimana." kata dr. Luyanti, MARS, Sekretaris Jenderal DoctorSHARE, dalam konferensi pers 'Pelayaran Perdana Proyek Rumah Sakit Apung (Floating Hospital)', Kamis, (14/3/2013) di Tower A Lantai 3 Mega Glodok Kemayoran, Kemayoran, Jakarta.

"Pembiayaan kita kerja sama dengan pemerintah daerah untuk Jamkesda. Wagub kita, Ahok juga menawarkan KJS," kata dr. Luyanti.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini