Sukses

Cara Membiasakan Anak untuk Makan Sehat

Dengan mengajarkan anak-anak Anda kebiasaan makan sehat, dan pemodelan perilaku dalam diri, Anda dapat membantu anak-anak Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang normal.

Dengan mengajarkan anak-anak Anda kebiasaan makan sehat, dan pemodelan perilaku dalam diri, Anda dapat membantu anak-anak Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang normal. Dan juga kebiasaan makan di massa anak-anak daoat membantu dirinya mempertahankan gaya hidup sehat ketika ia dewasa.

Beberapa aspek yang paling penting dari makan sehat adalah bagian kontrol dan pemotongan lemak yang dimakan oleh anak Anda.  Cara sederhana untuk mengurangi asupan lemak dalam diet anak Anda dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, seperti;

  • Berikan produk susu yang rendah lemak atau tanpa lemak pada anak Anda.
  • Unggas tanpa kulit
  • Potongan daging kecil
  • Roti gandum dan sereal
  • Kurangi jumlah minuman manis, dan garam dalam diet anak Anda.

Seperti dilansir children.webmd , Minggu (17/3/2013), orangtua juga dapat melakukan pendekatan-pendekatan lain untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat pada anak-anaknya:

1. Memberi panduan pilihan makan daripada mendikte makan anak Anda

Membuat berbagai macam makanan sehat yang tersedia di rumah, praktik ini akan membantu anak-anak Anda belajar bagaimana membuat pilihan makanan sehat.

2. Dorong anak Anda untuk makan secara perlahan

Seorang anak dapat mendeteksi kelaparan dan kepenuhan yang lebih baik ketika ia makan secara perlahan-lahan. Sebelum menyuapi anak Anda, berikan jeda beberapa menit untuk melihat apakah anak Anda benar-benar masih lapar atau tidak.

3. Makan bersama keluarga sesering mungkin

Cobalah untuk membuat waktu makan lebih menyenangkan dengan percakapan dan berbagi satu sama lain. Pada saat makan, buat saat yang tepat untuk memarahi anak atau mendebatkan sesuatu. Jika waktu makan tidak menyenangkan, anak-anak dapat mencoba untuk makan lebih cepat untuk meninggalkan meja secepat mungkin.

4. Libatkan anak Anda dalam berbelanja makanan dan menyiapkan makanan

Kegiatan seperti ini akan memberikan petunjuk tentang preferensi makanan anak-anak Anda, kesempatan untuk mengajarkan anak Anda tentang gizi, dan memberikan anak-anak Anda dengan perasaan prestasi.

5. Rencakan untuk makanan ringan

Ngemil secara terus-menerus dapat menyebabkan makan berlebihan, tapi makanan ringan yang direncakana pada waktu tertentu di siang hari dapat menjadi bagian dari makanan bergizi, tanpa merusak nafsu makan anak pada waktu makan.

6. Mencegah makan makanan atau camilan saat menonton televisi

Cobalah untuk makan hanya di wilayah yang ditetapkan di rumah Anda, seperti ruang makan atau dapur. Makan di depan televisi dapat membuat anak sulit untuk memperhatikan perasaan kenyang, dan menyebabkan makan yang berlebihan.

7. Dorong anak Anda untuk minum lebih banyak air mineral

Biasakan diri anak Anda untuk mengonsumsi lebih banyak air mineral, dari pada soda dan minuman manis. Soalnya, minuman manis dan soda telah dikaiktakan dengan peningkatan obesitas.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini