Agar Mudah Tidur, Hindari 8 Hal Ini

on

Sulit tidur bisa jadi menjadi masalah umum orang zaman sekarang terutama di kota besar. Betapa tidak, ritme hidup yang dinamis seolah tak mau berhenti membuat kita kerap terobsesi banyak hal. Bagaimana agar kita mudah tidur?

Berikut 8 hal yang seharusnya tidak Anda lakukan sebelum beranjak ke tempat tidur, seperti dilansir Care2, Rabu (13/3/2013):


1. Olahraga

Mungkin kebanyakan dari Anda berpikir kalau lelah bisa membuat kualitas tidur Anda baik. Memang benar, tapi perlu Anda ketahui bahwa olahraga yang dilakukan tiga jam sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh sehingga bukannya Anda tertidur melainkan tetap berkeringat dan terjaga.

2. Menonton televisi (termasuk browsing internet)

Penelitian menunjukkan bahwa layar televisi dan komputer dapat menghambat kemampuan tubuh Anda untuk tertidur. Lampu-lampu terang dari layar bisa menghambat munculnya melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk. Untuk itu, matikan televisi sekitar satu jam sebelum tidur.

3. Mandi air hangat

Orang jepang memiliki kebiasaan mandi air hangat untuk melancarkan peredaran darah tapi Anda tidak akan bisa langsung tidur jika masih berkeringat setelah mandi. Biarkan tubuh Anda kembali ke suhu normal sebelum tidur.

4. Minum cairan terlalu banyak

Cairan yang dimaksud termaantara lain kafein dan alkohol yang membuat sulit Anda mendapatkan istirahat malam yang baik. Anda tidak akan haus terus sebelum tidur. Jika Anda haus, Anda mungkin akan bangun di tengah malam untuk minum air.

5. Bekerja

Bekerja sebelum tidur akan merangsang otak dan menyebabkan stres. 

6. Baca cerita lucu

Banyak dari kita yang melakukan aktivitas ini. Awalnya mungkin Anda mengatakan pada diri sendiri, 'Oh hanya satu halaman lagi'. Namun,  tiba-tiba sudah pukul 2 pagi dan Anda jadi tidak bisa tertidur.

Membaca buku benar-benar menarik tapi hindari membacanya sebelum tidur karena akan membuat sulit tidur. Jika Anda senang membaca buku, Anda bisa mengatasinya dengan mencari hal yang membosankan.

7. Berpelukan dengan hewan peliharaan Anda

Tidur dengan hewan peliharaan di tempat tidur secara serius dapat mengganggu tidur Anda.

8. Memiliki Percakapan Serius

Penelitian telah menunjukkan kalau sebelum tidur Anda sempat bertengkar, maka akan secara efektif Anda akan menahan emosi sehingga Anda terus terjaga. Hal terbaik adalah menyelesaikan konflik sebelum Anda tidur. (Fit/Abd)
Suka artikel ini?

0 Comments