VIDEO: Kisah Ibu dan Anak di Medan yang Terkena HIV

on

Mawar, seorang ibu kini terbaring lemah di Rumah Sakit Adam Malik, Medan, Sumatera Utara. Ia didiagnosis terjangkit virus HIV setelah dirinya melahirkan anak keduanya.

Diduga, ia terjangkit penyakit yang memerangi kekebalan tubuh dari transfusi darah yang ia terima saat melahirkan anaknya tersebut.

Lain lagi dengan cerita Yuli, seorang ibu dan bayinya, Joni, yang baru berusia satu tahun. Tiga bulan lalu, saat Joni sakit parah, dirinya didiagnosa positif menderita HIV. Dan setelah ditelusuri, Joni ternyata tertular dari ayah dan ibunya yang menikah dua tahun lalu.

Ketidaktahuan akan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, HIV AIDS, membuat banyak masyarakat dari golongan ekonomi lemah terjangkit virus tersebut.

HIV AIDS dapat tertular melalui hubungan seks, hingga transfusi dari yang tercemar. Di Sumatera Utara, lebih dari tiga ribu orang terjangkit HIV AIDS.

Jumlah penderita HIV AIDS di kota Medan, Sumatera Utara, sangatlah tinggi. Menurut sebuah data, penderita HIV AIDS di sana sebanyak 3892 orang.

Di Rumah Sakit Adam Malik sendiri saja tercatat sebanyak 24 pasien dengan HIV AIDS dirawat. Dan Pemerintah sendiri mencatat hampir empat ribu orang menderita HIV AIDS.

Sebagian masyarakat yang berasal dari ekonomi lemah, sangat tergantung pada program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) untuk mengobati penyakitnya.

Dari pemantauan medis, penyakit mematikan ini juga kerap menyebar melalui transfusi darah dalam keluarga, tanpa pemeriksaan darah yang memadai. (Adt/Igw)

Suka artikel ini?
Aditya Eka Prawira
Aditya Eka Prawira

  Full bio »

0 Comments