by

Bayi Kembar Siam Ponorogo Punya 3 Kelainan Jantung yang Berbahaya

  • Info Sehat
  • 0
  • 06 Mar 2013 18:08
Bayi kembar siam dempet dada dan perut atau Xypho-Omphalopagus sudah menjalani serangkain pemeriksaan Eco Cardiogravi, USG di seluruh organ tubuh serta foto polos babygram oleh tim dokter RS dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Dari hasil pemeriksaan yang memakan waktu 2 jam disimpulkan bahwa organ tubuh bayi kembar siam asal Ponorogo terpisah yakni pada bagian tulang dada dan liver. Namun bayi dempet ini memiliki 3 kelainan jantung yang cukup membahayakan.

"Bayi kembar siam dempet ini memiliki organ dalam yang terpisah pada bagian tulang dada dan liver. Namun ada 3 kelainan pada jantungnya," kata ketua tim dokter dr Agus Harianto SpA(K) di RS dr Soetomo Rabu (6/3/2013).

Agus menjelaskan tiga kelainan yang diidap kembar bayi siam itu adalah patent ductus arteriosus yakni kegagalan menutup ductus arteriosus arteri yang menghubungkan aorta dan arteri pulmonal.

Kedua, transposition great arteris atau salah posisi pembuluh darah pada jantung dan ketiga, atrial septal defect atau kebocoran lubang sekat antar serambi jantung.

Rencananya selama 3 bulan ke depan tim dokter akan merawat secara intensif untuk memperbaiki kondisi jantung pada bayi kembar siam dempet ini.

Apabila setelah dirawat jantung tidak membahayakan tim dokter akan segera mengoperasi untuk memisahkan bayi kembar tersebut. (Adi)
Comments
Sign in to post a comment