Sukses

Kapan Waktu yang Tepat Minum Usai Lelah Berolahraga?

Penelitian menunjukkan, menelan nutrisi yang tepat usai berolahraga pada waktu tertentu bisa meningkatkan waktu pemulihan seseorang.

Olahraga menggunakan energi yang tak sedikit. Karena itu usai berolahraga disarankan makan atau minum. Contohnya saja satu jam usai berenang, latihan beban, atau lari untuk jangka panjang.

Penelitian menunjukkan, menelan nutrisi yang tepat usai berolahraga atau dalam waktu 2-3 jam bisa meningkatkan waktu pemulihan seseorang.

Seperti dikutip DailyHealthPost, Rabu (6/3/2013), kemampuan otot untuk menyerap protein sangat meningkat dan akan mencapai puncaknya setelah 3 jam pertama usai latihan atau olahraga yang Anda lakukan.

Sementara, otot (muscle protein synthesis/MPS) meningkat hingga 24-48 jam, dan efek MPS secara bertahap berkurang.

Dengan kata lain, waktu yang ideal untuk mengonsumsi minuman pemulihan Anda berada dalam 3 jam pertama usai olahraga.

Untuk mendapat nutrisi yang optimal usai pemulihan, minumlah yang mengandung karbohidrat dan protein seperti protein shake atau susu cokelat. Dan alasan mengapa lebih baik minum untuk pemulihan, bukan makan karena kebanyakan orang menoleransi cairan lebih baik dibanding yang padat setelah berolahraga.

Selain itu, cairan juga memiliki keuntungan dengan mengisi cairan yang hilang selama olahraga dan dicerna serta diserap lebih cepat dibanding makanan padat.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini