Sukses

Cara Cerdas Tingkatkan Daya Ingat Selama 24 Jam

Lupa sesuatu hal bisa membuat kita kesal apalagi bila mencari barang yang penting. Ikuti tips ini agar hari-hari Anda tak dipenuhi kelupaan.

Lupa sesuatu hal bisa membuat kita kesal apalagi bila mencari barang yang penting. Karena lupa, Anda bingung mencari letak kunci mobil dan karena lupa Anda bisa tak tahu alasan Anda masuk ke ruangan tertentu.

Jika Anda mengalaminya, Anda tak tak sendirian. Ikuti tips ini agar hari-hari Anda tak dipenuhi kelupaan seperti dikutip TheSun, Jumat (1/3/2013).

Pukul 07.30 : Sarapan sereal atau yogurt alami. Makanan yang kaya flavonoid, meningkatkan aliran darah ke otak dan bisa meningkatkan kekuatan konsentrasi sebesar 20 persen sepanjang hari.

Menurut peneliti di  University of Massachusetts, minumlah segelas jus apel bisa melindungi otak dari kerusakan sel stres oksidatif yang berhubungan dengan kehilangan memori.

Pukul 08.30: Buatlah teka teki di jalan dan tempat kerja. Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine, New York, AS, mengatakan, latihan mental dua kali sehari bisa membantu menunda kehilangan ingatan.

Pukul 10.00: Anda tak bisa mengingat nama tempat tapi Anda sudah mau menyebutkannya di ujung lidah Anda. Jangan memaksanya. Sebaliknya, katakan dengan lantang apa yang Anda pikirkan.

"Ini dimulai dengan 'S' atau sesuatu yang ada hubungannya dengan api".

Pukul 11.00. Minum latte. Susu bisa meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan kemampuan belajar menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Dairy Journal.

Orang dewasa yang mengonsumsi produk susu lima atau enam kali dalam sepekan bisa lebih bagus dalam tes memori dibandingkan yang jarang makan atau minuman produk susu.

Pukul 12.00: Jika Anda berjuang mengingat PIN Anda, pilih nomor yang bisa Anda visualisasikan. Misalnya, 1.379 menjadi bentuk Z pada keypad.

Pukul 13.00: Jangan makan siang berlebihan karena bisa membuat Anda kurang waspada pada sore harinya. Penelitian menunjukkan, makanan yang kaya Vitamin B seperti ayam, kentang, dan pisang bisa meningkatkan memori Anda.

Pukul 14.00: Coret-coretan saat melamun. Orang yang senang coret-coret, 29 persen lebih baik dalam soal memori dibandingkan dengan yang tidak senang coret-coret ketika diminta mengingat nama dan nama tertentu.

Pukul 14.30: Kemampuan Anda merosot menjelang sore? Tidur siang tak memungkinkan. Peneliti di University of California, AS, menemukan, kekuatan otak meningkat dan secara dramatis meningkatkan kemampuan untuk mempelajari fakta baru dan tugas baru.

Atau mengunyah permen karet bebas gula di meja kantor. Orang yang belajar mengemudi dengan mengunyah permen karet lebih baik dibanding yang tidak mengunyah permen karet.

"Mengunyah mengalirkan oksigen ke otak dan bisa membantu konsentrasi," jelas Dr Chris Moulin dari Leeds University.

Pukul 15.00: Minum teh hijau saat istirahat siang Anda. Penelitian Cina menunjukkan, teh hijau bisa meningkatkan ingatan Anda, menunda timbulnya penyakit Alzheimer dan melawan penyakit jantung.

Kuncinya adalah bahan utamanya yang antioksidan, yang disebut EGCG (epigallocatechin gallate-3).

Pukul 17.30: Berolahragalah, apakah itu jalan cepat atau sesi gym. Penelitian yang diterbitkan dalam Psychonomic Bulletin and Review menyebutkan, memori bisa didorong dengan latihan aerobik ketika seseorang menjadi tua.

Dan menari itu penting! "Studi menunjukkan bahwa orang tua yang menari tampil lebih baik pada tugas kognitif yang rumit," kata Dr Moulin.

Pukul 18.00: Perlu beberapa hal dari supermarket? Anda sulit mengingat daftar belanjaan. Tapi tes ingatan Anda dengan mencoba mengingat daftar belanja virtual menjadi lima bagian dengan menggunakan gambaran yang mengingatkan (seperti matahari untuk jeruk).

Waktu berikutnya membaginya menjadi delapan barang, kemudian 10 dan selanjutnya.

Pukul 18.30: Ketika Anda pulang dari tempat kerja, katakan kepada diri sendii dengan suara lantang di mana Anda meletakkan barang-barang penting.

Misalnya: 'Kacamata saya di meja' atau 'kunci saya ada di di atas perapian'. Dengan latihan itu bisa menjadi kebiasaan untuk meninggalkan barang-barang di tempat tersebut.

Pukul 19.00: Makan salmon untuk makan malam. Minyak ikan menghandung omega-3 dan omega-6 yang berperan penting dalam struktur dan fungsi otak, serta memiliki efek yang kuat pada suasana hati, konsentrasi, dan memori.

Sebuah studi Selandia Baru menemukan bahwa asam lemak pada ikan dan makanan laut dapat meningkatkan fungsi memori sebesar 15%.

Pukul 19.30 : Anda tak ingat mengapa ke lantai atas? Cobalah memvisualisasikan dengan apa yang Anda inginkan atau butuhkan sebelum berjalan ke sebuah ruangan.

Jika Anda berada di dapur dan Anda ingat perlu buku, pikirkan membacanya. Setelah Anda membentuk hubungan yang jelas antara ruang dan alasan, pergilah ke tempat yang dituju.

Pukul 20:00: Minum segelas kecil anggur merah: setengah gelas sehari meningkatkan kemampuan kognitif dan memori, kata peneliti dari Oxford University.

"Diperkirakan bahwa mikronutrien yang disebut flavonoid, khususnya dalam anggur merah, meningkatkan fungsi otak," kata psikolog klinis Dr Jo Iddon.

Tapi jangan tergoda untuk minum lebih banyak. Kelebihan alkohol sangat merusak otak. "

Pukul 21.00 Jika Anda bertemu orang baru di sebuah pesta, berusaha untuk mendengarkan ketika Anda diperkenalkan dengan melihat orang itu, mengulangi namanya sendiri beberapa kali, kemudian berbicara sendiri.

Pukul 21.30 Matikan TV:Menonton TV selama tujuh jam sehari, dua kali memiliki masalah memori dibanding yang jarang menonton, menurut American Academy of Neurology.

Pukul 22.30 Tidur cukup. "Tidur yang terganggu bisa membuat kita cepat lupa," kata Profesor Chris Idzikowski, direktur The Edinburgh Sleep Centre.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini