8 Manfaat Minum Air Putih

  • Info Sehat
  • 0
  • 28 Feb 2013 19:37
Pentingnya air di dalam tubuh, membuat air memiliki tempat pada masing-masing organ di tubuh manusia. Jadi jangan berpikir kalau kandungan air yang sebanyak 70% itu pada tubuh kita benar-benar berisi air. Karena air memiliki banyak manfaat, bukan hanya sebagai penghilang haus tapi juga membantu organ lainnya bekerja dengan baik.

Menurut data dari Danone Research, Air yang berada di dalam tubuh manusia pada dasarnya tersebar pada organ tubuh seperti otak (75%), kulit (72%), darah (83%), Jantung (79%), paru-paru (79%), hati ( 64%), limpa (76%), ginjal (83%), usus halus (75%), tulang (22%).  Nanti semua organ ini akan bekerja masing-masing untuk saling mencukupi kebutuhan organ.

Hebatnya, tubuh kita ini mampu mengatur kadar air antara yang masuk dengan yang keluar. Semakin banyak kita minum, semakin cepat pula air dalam tubuh tergantikan.

Seperti yang Anda ketahui, air masuk ke dalam tubuh melalui minuman, makanan, dan hasil proses metabolik. Dan akan keluar melalui urin, keringat, napas, dan feses.

Untuk lebih jelasnya, Spesialis Gizi Klinik, Dr. dr Luciana B Sutanto, MS, SpGK menyampaikan beberapa manfaat air bagi tubuh yang perlu Anda ketahui sehingga mungkin bisa bermanfaat, dalam kampanye kesehatan bersama IHWG (Indonesian Hydration Working Grop) yang merupakan pusat hidrasi di Indonesia yang didirikan oleh Universitas Indonesia, Kamis, Jakarta (28/2/2013):

1. Melembapkan mata dan hidung

2. Melindungi organ dalam tubuh

Menurut Luciana, air sudah melindungi kita ketika kita dalam kandungan. Jika ibu hamil kurang minum air, maka bayi akan berwarna kebiruan karena kekeringan.

3. Cegah sembelit

4. Melarutkan mineral, zat gizi lainnya

5. Mengatur suhu tubuh

"Anak-anak tidak gampang berkeringat dan mengatasi panas tubuh. Dengan minum air, anak-anak bisa mengatur suhu tubuh," jelas Luciana dalam acara seminar Air Bisa Cegah Dehidrasi di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta (28/2/2013).

6. Pelumas sendi

Luciana menambahkan kalau manfaat ini biasanya lebih dirasakan oleh orang yang sudah tua yang memiliki riwayat penyakit asam urat dan sendi. Menurutnya, lebih baik biasakan minum air yang cukup untuk melumaskan sendi.

7. Meningkatkan beban ginjal dan hati dengan melarutkan sisa metabolisme

8. Membawa zat gizi dan oksigen ke sel.

(Fit/Mel)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler