Sukses

Penderita HIV AIDS Bisa Cari Teman Kencan di Situs Khusus

Sebuah website khusus orang-orang dengan HIV/AIDS dikembangkan di Afrika Selatan. Situs itu membantu orang-orang yang positif HIV/AIDS untuk berkencan.

Sebuah website khusus orang-orang dengan HIV/AIDS dikembangkan di Afrika Selatan. Situs itu membantu orang-orang yang positif HIV/AIDS untuk berkencan.

Positive Connection
diluncurkan sejak September 2003, dan berjalan sukses selama enam tahun pertama dan jumlah anggotanya berkembang pesat.

Ben Sassman, pendiri website itu mengatakan, kalau situs tersebut merupakan situs kencan yang normal dan tidak menanyakan status HIV seseorang. Soalnya, hal itu bisa membuat orang yang positif HIV trauma dan stres jika mengungkapkan statusnya saat kencan pertama.

"Dengan adanya Positive Connection, semua anggota sama-sama sehat dan tidak mengungkapkan yang tidak perlu," ujar Sassman seperti dikutip Zimdiaspora, Rabu (27/2/2013).

"E-mail anggota dan komunikasi dan selanjutnya pergi berkencan. Terkadang ini hanya untuk mendapat dukungan, hanya teman untuk bicara dalam kondisi santai, informasi lingkungannya," ujarnya.

Situs ini khusus untuk anggota yang positif. Jika negatif tidak boleh mendaftar karena berisiko terinfeksi. "Saya juga membuat aturan yang jelas yang menyebutkan di setiap halaman situs kencan ini untuk orang yang hidup dengan HIV/AIDS," ujar Sassman.

Menurutnya, situs yang didirikan itu merupakan situs pertama yang mengkhususkan anggotanya penderita infeksi HIV. "Saya menggratiskan situs ini selamanya. Bagaimana pun saya ingin memperluas, meningkatkan lalu lintas, dan menjadi situs di Afrika, jadi anggota saya bisa berkomunikasi dengan orang lain di seluruh benua," jelasnya.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.