VIDEO: Pelajar Putri Pesta Rokok di Kelas

on Feb 26, 2013 at 18:29 WIB

Rekaman sejumlah pelajar putri Sekolah Menengah Pertama Negeri Luyo berpesta rokok beredar luas di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Apalagi pesta rokok berlangsung dalam ruang kelas diiringi house music dan musik dangdut.

Benar tidaknya kasus ini, Dinas Pendidikan Polewali Mandar akan memanggil kepala sekolah SMPN Luyo dan sejumlah gurunya. Sejauh ini belum diketahui apakah pesta rokok ini dilakukan saat jam pelajaran atau bukan.

"Karena berarti ada pembiaran dan sudah ada indikasi kegiatan di sekolah itu telah berjalan tidak baik," jelas Kepala Dinas Pendidikan Polewali Mandar Arifuddin Toppo, Selasa (26/2/2013).

Arifuddin menambahkan, akan memberikan sanksi bagi kepala sekolah dan guru yang lalai mengawasi dan membina siswa di sekolah.

Video yang beredar berdurasi 10 menit. Ruang yang seharusnya digunakan untuk belajar, disulap menjadi arena pesta rokok. Di dalamnya juga terlihat para siswa menikmati minuman ringan.

Rokok bisa membahayakan kesehatan baik itu pria ataupun wanita. Bagi perempuan, rokok tidak hanya bisa menyerang jantung, menyebabkan kanker, mengeringkan kondisi kulit, dan menyerang janis saat masih kehamilan.

Menurut pakar, asap rokok mempengaruhi sistem pengaturan hormon estrogen yang ada di dalam tubuh wanita. Zat yang terkandung dalam rokok juga dapat membunuh telur.

Ada penelitian yang mengungkapkan, merokok bisa membuat kemampuan mengingat informasinya hanya 59 persen. Sedangkan yang berhenti merokok, daya ingatnya mencapai 74 persen, dan yang tidak pernah merokok, kemampuan kognitifnya mencapai sebesar 81 persen. (Ais/Igw)
Suka artikel ini?

0 Comments