Sukses

Jangan Anggap Remeh Gagap pada Anak Sebelum Fatal

Sekarang ini, banyak anak-anak, terutama yang berusia 2 sampai 5 tahun, sulit untuk mengulang kata-kata tertentu, membaca frase atau kalimat.

Gagap telah menjadi masalah umum di antara anak-anak. Sekarang ini, banyak anak-anak, terutama yang berusia 2 sampai 5 tahun, sulit untuk mengulang kata-kata tertentu, membaca frase atau kalimat.

Bahkan jika si anak berhasil menyelesaikan kalimat, itu akan berhenti di beberapa garis tertentu, lalu mengucapkan kata yang berbeda. Meski pun banyak orangtua mengabaikannya dan berpikir itu normal, maka itu adalah salah.

Sebagai orangtua, Anda perlu untuk mendeteksi gangguan ini dengan segera untuk dapat memperbaiki masalah dan mengembalikan anak Anda menjadi normal lagi.

Jika anak Anda menderita gagap, Anda perlu memahami bahwa tidak ada obat instan untuk gangguan tersebut. Tapi, masalah gagap di kalangan anak-anak dapat diobati dengan cara melakukan konsultasi dengan seorang ahli terapi bicara yang berpengalaman yang benar-benar dapat membantu Anda.

Pada saat yang bersamaan, masalah seperti ini juga dapat ditangani di rumah melalui praktek sederhana dan teknik yang efektif yang dapat bermnfaat bagi anak-anak Anda dengan cara yang cukup lama.

Seperti dilansir boldsky, Minggu (24/2/2013), ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan kegagapan pada anak Anda.

1. Yoga

Yoga ternyata tidak hanya berguna untuk kesehatan mental dan fisik, tetapi juga sangat dianjurkan untuk anak-anak dan bahkan orang dewasa yang memiliki masalah dengan kegagapan.

Yoga membuat kesehatan mental seseorang dalam kondisi yang baik. Ketika anak-anak Anda khawatir atau tegang, maka ia mulai gagap karena rasa takut.

Yoga bisa membantu anak Anda merasa rileks, dan tetap dalam suasana hati yang bahagia.

2. Praktik di depan cermin

Ini merupakan metode terbaik untuk mengatasi rasa gagap pada anak Anda. Buatlah anak Anda berdiri di depan cermin. Lalu, mintalah kepadanya untuk membaca sebuah kalimat dengan nada keras.

Biasanya teknik ini digunakan oleh orang-orang untuk mengatasi ketakutannya panggungnya. Berlatih teknik ini setiap hari juga akan membantu Anda mengatasi masalah gagap anak Anda.

3. Baca buku

Banyak anak-anak tidak terlalu suka membaca buku. Sebagai orangtua, Anda harus memastikan bahwa anak-anak Anda menanamkan kebiasaan membaca buku. Membaca dengan suara keras sekali pun akan menjadi masalah awal.

Pada akhirnya, ini akan mengajarkan anak Anda cara bernapas. Sebagai salah satu masalah besar anak-anak yang gagap ketika ia bernapas saat membaca atau berbicara.

4. Bernapas dengan benar

Seperti dikatakan di atas, bernapas sebelum membaca atau berbicara adalah masalah bagi anak-anak yang menderita gagap.

Dalam rangka untuk mendapatkan lebih dari masalah, maka seorang anak perlu berlatig latihan sederhana seperti menghirup dan menghembuskan napas. Ini juga akan membantu anak Anda berbicara dalam kecepatan sedang.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.