Sukses

Senyawa di Penggorengan Antilengket Sebabkan Arthritis?

Peralatan masak antilengket bisa membuat Anda nyaman saat menggoreng makanan. Bahan kimia di penggorengan antilengket berhubungan dengan kolesterol yang tinggi dan penyakit tiroid, yang bukti terbaru menghubungkannya dengan osteoarthritis.

Peralatan masak antilengket bisa membuat Anda nyaman saat menggoreng makanan. Kemampuannya yang antilengket bisa membuat telur tak lengket di penggorengan. Tapi kemudahan itu datang dengan peringatan.  Bahan kimia di penggorengan antilengket berhubungan dengan kolesterol yang tinggi dan penyakit tiroid, yang bukti terbaru menghubungkannya dengan osteoarthritis.

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan secara online di Jurnal Environmental Health Perspectives menemukan kalau wanita mengalami gangguan hormon tingkat tinggi, senyawa antilengket perfluorinated seperti  perfluorooctanoic acid (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) di dalam darah lebih cenderung mengalami arthritis. Arthritis merupakan kelainan sendi yang meliputi peradangan.

Senyawa itu digunakan dalam ratusan produk yang unik untuk air dan untuk memukul noda. Bahan kimia antilengket itu ditemukan tidak hanya di peralatan masak antilengket, tapi juga pada pembersih noda furniture, karpet, dan kertas minyak, serta pembungkus makanan cepat saji.

Meskipun para ilmuwan tidak benar-benar yakin bagaimana PFOA dan PFOS bisa menyebabkan osteoarthritis, para ilmuwan itu mengatakan.

"Temuan penelitian ini menyarankan kalau mereka berpotensi mengubah keseimbangan hormon alami kita yang terlibat dengan peradangan, perbaikan tulang rawan, dan faktor lain yang terkait dengan penyakit ini," jelas Peneliti Kesehatan Lingkungan Sarah Uhl, yang merupakan Presiden Manajemen Fellow di Environmental Protection Agency seperti dikutip Rodale, Jumat (22/2/2013).

Untuk mengurangi risiko pada bahan kimia, ganti panci antilengket Anda dan alat dapur dengan versi yang lebih aman ketika mulai menunjukkan goresan. Pilihan yang lebih baik termasuk keramik, kaca, dan stainless steel. Selain itu, batasi makanan cepat saji yang drive-thru untuk membatasi terpapar kemasan bahan makanan yang berbahaya.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini