Sukses

RSUP Persahabatan Dikunjungi Mendadak oleh Menkes & Menko Kesra

Setelah melakukan kunjungan di RS Budi Asih, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan Menko Kesra Agung Laksono bergegas menuju RSUP Persahabatan, Rawamangun Jakarta.

Setelah melakukan kunjungan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Budi Asih, Cawang, Jakarta Timur, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan Menko Kesra Agung Laksono bergegas menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Rawamangun Jakarta.

Berangkat dari RSUD Budi Asih pukul 10:00 WIB, keduanya sampai di RSUP Persahabatan pada pukul 10:30 WIB.

Kedua Menteri ini pun disambut oleh Direktur RSUP Persahabatan, dr. Muhammad Syahril SpP, MpH, dan Dr. Trihesti SpM selaku Direktur Pelayanan Medik.

Dalam kesempatan kali ini, Nafsiah dan Agung Laksono melihat kondisi di RSUP Persahabatan. Tidak lupa, keduanya masuk ke dalam ruang IGD. Di dalam IGD, keduanya tidak hanya melihat kondisi pasien yang ada di dalam ruangan tersebut, tapi juga melakukan dialog bersama pasien.

"Bapak Menteri tadi di IGD bukan hanya melihat kondisi pasien, tapi juga berdiskusi sama pasien," kata Humas RSUP Persahabatan Dr. Royen Edison L. Gaol.

Setelah selesai dari IGD, lanjut Royen, kedua Menteri tersebut jalan ke ruangan Soka. Di mana ruang Soka sendiri diperuntukkan khusus pasien dengan penyakit paru-paru kelas 3.

Setelah ke ruangan Soka, Nafsiah dan Agung Laksono lalu naik ke lantai 3 dan masuk ke dalam ruangan bayi Neripatologi.

Sesampainya di lantai 2, Agung yang kala itu didampingin oleh Dr. Trihesti SpM, mengunjungi satu ruangan di mana tempat tersebut merupakan satu ruangan khusus untuk meletakkan pasien-pasien yang tidak mendapat kamar perawatan.

"Nama ruangan itu IW, Intermediet Word, ruangan itu ruang perawatan sementara. Jadi, pasien yang habis dibawa dari IGD, ketika hendak dibawa ke ruang perawatan tapi penuh, dirawat di sini dulu. Jadi, ini ruang perawatan sementara," jelas Edison.

Setelah dari ruangan IW, Menkes dan Menkokesra beranjak ke ruangan sebelah, di mana ruangan tersebut merupakan ruangan direksi.

Sekitar 15 menit berada di ruangan direksi tersebut, tak banyak yang mengetahui kalau ternyata kedua Menteri tersebut turun menggunakan lift yang ada di ruangan tersebut.

"Maaf ya Mas, Bapak (Menkokesra) mau ke Bandara. Jadi, tidak ada konferensi pers, ya," kata salah satu petugas.

Sewaktu ditanyakan apa tujuan kedua Menteri tersebut berkunjung ke sini, Edison hanya berujar, "Ngomongi KJS, Mas. Dan melihat kondisi di Rumah Sakit ini."

Seperti yang diketahui, sejak beberapa bulan lalu, warga Jakarta sudah dapat memanfaatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) di seluruh pusat layanan kesehatan, baik itu puskesmas mau pun rumah sakit tertentu.

Dari 88 rumah sakit rujukan yang telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Rawamangun. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini