Menkes dan Menko Kesra Sidak ke RS Budi Asih Jakarta Timur

  • Info Sehat
  • 0
  • 22 Feb 2013 10:30

nafsiah-mboi-13022a.jpg
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Budi Asih, Cawang, Jakarta Timur. Menkes yang datang bersama Menko Kesra Agung Laksono beserta rombongan dari Kementerian Kesehatan tiba sekitar pukul 09.05 WIB. Setelah turun dari mobil, Menkes yang pagi ini menggunakan busana berwarna serba hijau langsung masuk ke dalam Rumah Sakit Budi Asih.

Di dalam rumah sakit, Menkes dan Menko Kesra menuju ruang pendaftaran pasien RSUD Budi Asih. Sewaktu menuju ruang pendaftaran, tak lupa kedua Menteri tersebut bersalaman dengan para pasien yang sedang duduk menunggu giliran.

"Apa kabar, bu? Sehat, 'kan?" sapa Nafsiah kepada salah satu pasien yang menunggu.

"Bapak, sehat? Sudah lama menunggu di sini," sapa Menkokesra, Agung Laksono ke salah satu pasien yang menunggu, Jumat (22/2/2013).

"Sehat, Pak. Belum lama," jawab si pasien.

Setelah melihat proses pendaftaran pasien dan berbincang sebentar dengan para petugas, Menkes dan Menko Kesra pun menuju ruang observasi. Didampingi Direktur RSUD Budi Asih, dr. Nanang Hasani SpOG, Mars, Nafsiah dan Mboi melihat ruang UGD dan menanyakan apakah ruang UGD di RSUD Budi Asih mencukupi atau tidak.

"Bed-nya terlalu mepet," kata Agung ke Nafsiah.

Menurut pantauan Liputan6.com, memang jarak antara 1 pasien ke pasien lainnya terlalu sempit. Sehingga menyusahkan petugas rumah sakit untuk mengecek para pasien.

Menurut Agung Laksono, ada pun tujuannya melakukan sidak ke rumah sakit ini karena untuk melihat secara langsung hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan.

"Pelayanan Rumah Sakit kepada masyarakat, di sini mewakili rumah sakit daerah dan persahabatan, mewakili rumah sakit pemerintah pusat yang dikelola langsung Menkes," jelas Agung.

Seperti yang diketahui, sejak beberapa bulan lalu, warga Jakarta sudah dapat memanfaatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) di seluruh pusat layanan kesehatan, baik itu puskesmas mau pun rumah sakit tertentu.

Dari 88 rumah sakit rujukan yang telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, salah satunya adalah Rumah Sakit Budi Asih, Cawang. Diharapkan dengan adanya kartu tersebut, warga yang menjalani rawat inap di kelas III Rumah Sakit Budi Asih tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Karena hal itulah membuat kedua Menteri ini melakukan sidak dan melihat langsung segala kelengkapan dari rumah sakit tersebut. Sekitar 1 jam Nafsiah dan Agung berada di RSUD Budi Asih. Dan keduanya melanjutkan perjalan ke Rumah Sakit berikutnya.(Adt/Mel)
Terpopuler