Anak-anak Mulai Obesitas di Usia Sekolah Dasar

on

Jumlah anak dengan obesitas di Inggris, kian hari semakin memprihatinkan saja. Setiap tahunnya, presentase anak dengan obesitas selalu mengalami kenaikkan. Karena hal seperti ini, membuat operasi penurunan berat badan semakin melonjak. Dan, orang yang dirawat dengan obesitas pun semakin banyak.
 
Menurut data di Inggris, satu dari 10 orang anak di Inggris mengalami obesitas ketika ia duduk di bangku sekolah dasar. Pada tahun 2011 sampai dengan 2012, 9,5 persen anak-anak yang baru masuk di Taman Kanak-kanak, yang notabenenya masih berusia 4 sampai 5 tahun, diklasifikasi sebagai obesitas klinis.
 
Dan, menurut data Health and Social Care Information Centre, seperlima dari murid sekolah dasar berusia 10 sampai 11 tahun dinilai kelebihan berat badan. Selama dua dekade terakhir, memang epidemi anak dengan obesitas semakin memburuk. Dan kabarnya. itu bahkan lebih buruk dari pada orang dewasa. Untuk orang dewasa sendiri, 65 persen pria dan 58 persen wanita  mengalami yang namanya obesitas akut.
 
Pada tahun 1993, hanya 13 persen pria dan 16 persen wanita jatuh ke dalam kategori mengerikan ini. Kenaikkan angka secara drastis terjadi pada tahun 2011 di mana angka obesitas pada pria dan wanita dewasa adalah 24 dan 26 persen.
 
Bukan hanya itu saja, kementerian kesehatan di Inggris turut mencatat bahwa orang yang menjalani operasi penurunan berat badan mengalami kelonjakkan. Buktinya, per tahun 2011 sampai 2012, sebanyak 8.790 orang menjalani operasi penurunan berat badan, seperti stapel perut atau bypass lambung. Itu semua empat kali lebih tinggi dari pada angka di tahun 2006 dan 2007.
 
Amy Thompson, perawat senior ahli jantung di British Hearth Foundation mengatakan, "Ini sungguh mengkhawatirkan, lebih dari satu orang dari 10 orang anak sekarang ini digolongkan obesitas, dimulai pada sekolah dasar,"
 
"Kita tahu bahwa anak obesitas cenderung lebih mengkhawatirkan dari pada orang dewasa, tetapi dengan pendidikan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberhentikan ini semua,"
 
"Caranya dengan mengajarkan anak-anak tentang makanan sehat dan menginspirasinya untuk menjadi aktif pada usia muda, dan kita dapat membantu anak-anak menuju masa depan yang lebih sehat.
 
Hal serupa pun disampaikan oleh G Raham Rowan, selaku ketua Obesity Management Association, seperti dikutip Dailymail, Kamis (21/2/2013), "Hal ini tidak mengherankan bahwa laporan hari ini menunjukkan tingkat obesitas terus meningkat. Dan epidemi obesitas semakin memburuk dari hari ke hari, dan semuanya itu di luar kendali."(Mel/Igw)
Suka artikel ini?

0 Comments