Sukses

Kanker Pankreas, Penyakit 'Diam' yang Merenggut Nyawa

Kanker pankreas merupakan salah satu kanker yang mematikan. Kanker ini sering disebut penyakit 'diam' karena gejalanya tak terlihat pada tahap awal sampai kanker itu telah menyebar.

Kanker pankreas merupakan salah satu kanker yang mematikan. Kanker ini sering disebut penyakit 'diam' karena gejalanya tak terlihat pada tahap awal sampai kanker itu telah menyebar.

Menurut Mayo Clinic, Senin (18/2/2013), kanker pankreas menyebar sangat cepat dan memiliki prognosis yang buruk jika dibandingkan dengan kanker lainnya. Gejala yang tidak muncul sampai kanker pankreas itu berkembang membuat operasi pengangkatan sulit dilakukan.

National Cancer Institute, menunjukkan, 29.000 orang Amerika didiagnosis dengan kanker pankreas setiap tahunnya. American Cancer Society memperkirakan, tingkat kelangsungan hidup satu tahun menjadi 20%, sedangkan tingkat lima tahun adalah 4%.

Pankreas sendiri merupakan organ di dalam perut yang letaknya horizontal di belakang bagian bawah perut. Pankreas mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon yang mengatur metabolisme gula.

Apa itu Kanker Pankreas?

Sebenarnya, kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas Anda mengembangkan mutasi pada DNA. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel normal mati. Sel-sel ini dapat mengumpul membentuk tumor.

Kebanyakan kanker pankreas dimulai di sel-sel yang melapisi saluran pankreas. Kanker jenis ini disebut adenokarsinoma pankreas atau kanker pankreas eksokrin. Kanker dapat terbentuk dalam produksi hormon-sel pankreas. Kanker jenis ini disebut kanker sel islet atau kanker pankreas endokrin.

Meskipun penyebab kanker pankreas belum diketahui, merokok adalah faktor risiko utama, dengan perokok 2-3 kali, lebih mungkin untuk memiliki penyakit dibanding bukan perokok. Usia juga terkait dengan penyakit yang biasanya setelah usia 45. Diabetes juga berhubungan dengan kanker pankreas, dengan sekitar 10% -20% orang yang didiagnosis kanker memiliki diabetes.

Risiko lainnya termasuk pankreatitis kronis dan sirosis hati. Dan riwayat keluarga kanker pankreas, diet lemak tinggi, obesitas, dan kurang olahraga juga bisa berperan. Kanker pankreas paling sering terjadi di Afrika-Amerika dan orang-orang di atas usia 60.

Gejala

Sejumlah tanda dan gejala kanker pankreas tak muncul dalam tahap awal. Tapi setelah tumbuh dan menyebar, nyeri sering berkembang di perut bagian bawah dan kadang-kadang menyebar ke punggung. Rasa sakit bisa menjadi lebih buruk setelah orang makan atau berbaring. Dan gejala lain yang mungkin muncul antara lain:

1. Penyakit kuning. Kanker pankreas yang menghalangi saluran empedu hati dapat menyebabkan penyakit kuning. Tanda-tanda termasuk kulit dan mata kuning, urine berwarna gelap, dan tinja berwarna pucat.

2. Nyeri. Sebuah tumor yang tumbuh bisa menekan saraf di perut Anda, yang menyebabkan rasa sakit yang bisa menjadi parah. Obat nyeri bisa membantu Anda merasa nyaman.

3.  Penurunan berat badan. Sejumlah faktor dapat menyebabkan penurunan berat badan pada orang dengan kanker pankreas. Mual dan muntah yang disebabkan pengobatan kanker atau tumor menekan perut Anda yang bisa membuat Anda sulit untuk makan. Atau tubuh Anda mungkin mengalami kesulitan dalam memproses nutrisi dari makanan karena pankreas tidak membuat cukup cairan pencernaan.

Suplemen enzim pankreas mungkin disarankan untuk membantu pencernaan. Cobalah untuk menjaga berat badan Anda dengan menambahkan kalori ekstra di mana Anda bisa dan membuat waktu makan menyenangkan dan santai.

4. Obstruksi usus. Kanker pankreas yang tumbuh ke dalam atau menekan pada usus kecil (duodenum) dapat memblokir aliran makanan yang dicerna dari lambung ke dalam usus Anda.

5. Depresi
6. Bekuan darah

Tantangan dari penyakit ini adalah menemukannya lebih dini. Seorang dokter tidak dapat melihat atau merasakan tumor selama pemeriksaan rutin.  Untuk membantu membuat diagnosis (dan menentukan pengobatan yang paling tepat), tes pencitraan yang dilakukan (seperti USG atau CT scan) untuk melihat gambar perut dan menentukan sejauh mana masalah yang ada.

Daerah hijau yang ditampilkan dalam berwarna CT scan menunjukkan kanker di pankreas dan hati. Diagnosis berasal dari biopsi - mengambil sampel jaringan dari tumor yang dilakukan baik dengan jarum melalui kulit atau selama operasi.

Pengobatan

Untuk pengobatan, biasanya dilakukan radiasi dan kemoterapi sebagai pengobatan yang paling umum untuk kanker pankreas. Pembedahan dapat digunakan dalam beberapa kasus, tetapi biasanya hanya sebuah pilihan jika kanker belum menyebar.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.