Sukses

Diet Terbaik Agar Pria Tidur Nyenyak di Malam Hari

Anda yang ingin tidur nyenyak bisa mencoba mengubah makanan Anda. Beberapa nutrisi di dalam diet Anda seperti Vitamin C, lycopene, dan selenium berhubungan dengan pola tidur sehat.

Sebuah studi itu dilakukan terhadap 4.500 orang dan dipublikasikan dalam Appetite seperti dikutip MensHealth, Senin (18/2/2013).

Peneliti mengecek data tidur dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES). Peneliti memecah responden menjadi empat kategori tidur. Sangat singkat (kurangd ari 5 jam permalam), singkat (5-6 jam), normal (7-8 jam), dan panjang (lebih dari 9 jam). Pola diet peserta juga diperiksa dari interview 24 jam panggilan makanan.

Salah satu kunci dari penelitian itu adalah orang yang makan makanan lebih bervariasi lebih mungkin tidur dengan normal (sekitar 18 makanan versus 14 dalam tidur lebih pendek). Mengonsumsi berbagai makanan mungkin menunjukkan kalau Anda mengonsumi lebih banyak nutrisi.

Pada gilirannya, ini yang dapat memberikan cakupan gizi untuk membantu tubuh Anda agar bekerja secara optimal, yang akan diterjemahkan dalam tidur yang lebih baik," kata rekan penulis studi Michael A. Grandner, Ph.D., rekan penelitian di Pusat Tidur dan sirkadian Neurobiologi di University of Pennsylvania.

Lantas, mengapa hubungan tidur dan diet itu penting? Orang yang tidur 7-8 jam pada malam hari umumnya sehat. Dan penelitian menunjukkan, orang yang kurang tidur berisiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung, dan orang yang tidur lebih dari 9 jam dikaitkan dengan depresi.

"Studi ini seharusnya mengingatkan kita bahwa tidak hanya tidur yang menjadi bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan, tapi tidur dan diet terkait satu sama lain," kata Grandner.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa kurang tidur mempengaruhi hormon tertentu yang mengontrol rasa lapar dan nafsu makan.

Meskipun Gardner mengatakan penelitiannya tidak mengungkap mengapa makanan tertentu yang berkaitan dengan tidur yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk makan lebih banyak nutrisi yang diidentifikasi dalam studi yang membantu membuat malam Anda lebih baik.

Berikut ada lima jenis makanan:
  1. Lycopene: Sebuah antioksidan melawan kanker ditemukan pada tomat, semangka, dan jeruk.
  2. Vitamin C: Satu cangkir stroberi atau satu kemasan kiwi mengandung lebih dari 100 persen dari nilai harian Anda dari antioksidan pelindung jantung dan kanker.
  3. Selenium: Satu ons kacang Brasil atau sekaleng tuna menjadi sumber yang sangat baik dari anti-inflamasi yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh.
  4. Theobromine: Cari fitokimia jantung sehat ini dalam teh dan coklat.
  5. Asam laurat: Paling sering ditemukan dalam minyak kelapa. Meskipun itu adalah asam lemak jenuh, studi menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan kolesterol "sehat" HDL tanpa mempengaruhi LDL yang "buruk".
(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.