Sukses

8 Aktivitas Aneh yang Tubuh Bisa Lakukan

Tubuh bisa melakukan hal-hal aneh yang datang tiba-tiba. Terkadang orang mengaitkannya dengan takhayul, seperti mata kedutan.

Tubuh bisa melakukan hal-hal aneh yang datang tiba-tiba. Terkadang orang mengaitkannya dengan takhayul, seperti mata kedutan.

Ada delapan hal aneh di tubuh yang sesekali bisa terjadi pada Anda dan apa penyebabnya seperti yang dikutip Health24, Minggu (17/2/2013):

1. Merasa jatuh

Anda hanyut dalam tidur dan tiba-tiba seperti jatuh dan tubuh kaget sehingga Anda terjaga. Sensasi aneh jatuh itu disebut dengan hypnic jerk atau kedutan mioklonik hypnagogic. Sekitar 70 persen orang mengalaminya dan lebih sering terjadi pada orang yang mengalami masalah tidur.

Apa penyebabnya? Ketika Anda melayang tidur, terjadi perubahan suhu tubuh, pernapasan anda melambat dan otot Anda rileks.

2. Mata
kedutan

Tanpa alasan yang jelas mata Anda tiba-tiba mulai kedutan. Anda mungkin pernah mendengar takhayul kalau Anda bakal melihat seseorang yang suda lama tak bertemu atau nasib baik atau buruk. Itu semua tergantung sebelah mana mata yang kedutan.

Tapi bagaimana pun ini hanya mitos. Lantas apa penyebab mata kedutan? Mata berkedut juga dikenal sebagai blepharospasm yakni berkedip tak terkendali atau spasme kelopak mata. Penyebabnya antara lain: stres, kelelahan, dan terlalu banyak kafein. Meskipun mengganggu, biasanya tidak berbahaya dan sering hilang dengan sendirinya.

3. Sakit kepala akibat es krim

Ini adalah hari yang panas dan Anda menyelipkan es krim favorit Anda. Ketika Anda makan sendok pertama, Anda tiba-tiba sakit kepala.

Mengapa ini terjadi? Ketika sesuatu yang dingin menyentuh langit-langit mulut Anda, hal itu bisa menyebabkan pembuluh darah di kepala membesar. Ini memicu saraf pusat yang terletak di langit-langit mukut, ketika dingin, reaksi berlebihan dan mencoba memanaskan otak.

Tekanan berlebihan yang tiba-tiba menyebabkan sakit kepala. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah mencegah hal-hal yang dingin menyentuh langit-langit di mulut Anda.

4. Kesemutan

Anda bangun dari kursi Anda, tapi salah satu kaki Anda sama kali tidak merasakan sesuatu ketika mulai bergerak perlahan-lahan untuk menghidupkannya lagi. Ini sering disertai dengan kesemutan dan sensasi tertusuk. Kita semua pernah mengalami kaki kesemutan di beberapa titik.

Mengapa terjadi? Lengan atau kaki mati rasa biasanya terjadi ketika tekanan diletakkan pada bagian tubuh seperti duduk di atas kaki atau tidur di atas lengan. Tekanan memotong komunikasi dari otak ke bagian tubuh. Ini meremas jalur saraf sehingga mustahil untuk mengirimkan impuls dengan benar.

Setelah tekanan sudah berkurang, fungsi kembali normal. Kesemutan dan perasaan tertusuk jarum disebabkan oleh pesan nyeri dikirim dari saraf ke otak.

5. Wajah malu kemerah-merahan


Wajah Anda tiba-tiba memerah tanpa mengetahui kalau itu terjadi karena ada orang yang diam-diam Anda kagumi. Dan ketika Anda merasakan hal itu, pipi Anda mulai kesemutan karena mengalami pemanasan, Anda mungkin merah cerah sekarang. Memerah biasanya menyertai rasa malu atau tekanan.

Mengapa ini terjadi? Menurut Medclick, memerah adalah fenomena yang menggabungkan reaksi fisik dengan perilaku sosial.

Ketika Anda mendapat tendangan adrenalin karena malu, tekanan darah Anda terangkat, detak jantung Anda dipercepat dan ada serbuah aliran darah. Hasilnya, pembuluh darah kecil di wajah meningkatkan aliran darah yang menyebabkan kemerahan pada pipi dan telinga. Cara terbaik untuk mengurangi merona adalah hanya bersantai dan menenangkan pikiran

6. Dengingan di telinga


Anda naik ke lantai 40 di lift, telinga Anda tiba-tiba sakit dan ada sensasi yang muncul di telinga Anda.

Mengapa terjadi? Pada tekanan rendah, gendang telinga mendorong keluar dan menyebabkan dengingan, pada tekanan tinggi gendang telinga mendorong ke dalam menyebabkan dengingan lain. Ini membuat tekanan udara seimbang di kedua sisi gendang telinga.

7. Perut bergemuruh

Anda sedang duduk dan tiba-tiba perut Anda terdengar bising, bergemuruh.

Mengapa terjadi? Gemuruh di perut disebabkan kontraksi dari otot-otot lambung dan usus kecil. Kontraksi ini bergerak dan mendorong ke bawah konten, menggiling cairan dan padatan dalam campuran yang disebut air perut yang menghancurkan makanan.

Menurut DiscoveryHealth, pemecahan makanan juga menghasilkan gas dan udara. Bahan-bahan bisa ditekan dan dipecah menjadi kantong-kantong udara, gas juga akan diperas sehingga membuat suara yang Anda dengar. Lambung yang mengeluarkan suara berlebihan bisa menjadi akibat dari sindrom iritasi usus besar atau sakit perut.

8. Kenapa saya tak bisa menggelitik diri sendiri?


Tak seperti perang gelitikan bisa membuat orang pendiam menjadi histeris. Kebanyakan dari manusia mempunyai titik menggelikan di suatu tempat pada tubuhnya.

Para ilmuwan menemukan, perasaan saat digelitiki membuat tubuh menjadi panik dan ini respons alami. Dan tertawa yang tak terkendali menjadi respons alami saat dikelitiki.

Tapi kenapa Anda tak bisa menggelitiki tubuh Anda sendiri? Ini semua bermuara pada elemen kejutan.Penelitian menunjukkan, otak telah dilatih untuk tahu apa yang harus dirasakan ketika kita melakukan gerakan tertentu. Dengan adanya unsur kejutan, panik, atau gelisah karena digelitik oleh orang lain, tubuh tidak merespons dengan cara yang sama.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini