Sukses

Studi: Bayi Lahir Caesar Cenderung Berisiko Asma dan Alergi

Para ibu sepertinya harus aktif memeriksakan kesehatan bayinya yang lahir caesar, karena baru-baru ini ada penelitian mengungkapkan kalau bayi yang lahir caesar bisa berisiko terkena asma.

Para ibu sepertinya harus aktif memeriksakan kesehatan bayinya yang lahir caesar karena baru-baru ini ada penelitian yang mengungkapkan kalau bayi yang lahir caesar bisa berisiko terkena asma, alergi dan obesitas sangat tinggi.

Menurut peneliti, hal ini disebabkan oleh perbedaan yang signifikan dalam bakteri usus yang ditemukan pada bayi yang lahir melalui operasi caesar dan kelahiran normal.

Para peneliti mengatakan kalau temuan ini akan meningkatkan kekhawatiran tentang  bayi-bayi yang dilahirkan caesar.

Meskipun penyebab pasti tidak diketahui, bayi caesar bisa kehilangan perubahan fisiologis yang terjadi selama persalinan termasuk sistem kekebalan tubuh.

Untuk studi ini, para peneliti melakukan pengamatan terhadap 24 bayi sehat. Penelitian bayi ini merupakan bagian dari penelitian besar di Kanada yang mewakili bayi Kanada dengan 25% diantaranya dilahirkan dengan cara caesar dan 42 bayi diberikan ASI eksklusif pada usia 4 bulan.

Para ilmuwan menggunakan teknik sekuensing DNA baru untuk menemukan komposisi bakteri usus dari bayi, suatu teknik yang memungkinkan deteksi semua bakteri pada usus bayi.

Laporan penelitian mengatakan makanan bayi tidak boleh diremehkan, seperti dilansir Zeenews, Kamis (14/2/2013).

"Bayi yang lahir dengan persalinan caesar berada pada peningkatan risiko asma, obesitas dan diabetes tipe 1, sedangkan menyusui bisa melindungi gangguan ini dan lainnya," menurut laporan itu.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Medical Association Journal Kanada.(Fit/Igw).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.