by Aditya Eka Prawira

'Aku Bangga Aku Tahu', Kuis Kampanye HIV AIDS untuk Remaja

122183
  • Info Sehat
  • 0
  • Selasa, 12 Februari 2013 18:02
HIV AIDS sampai saat ini masih menjadi momok menakutkan di Indonesia. Karena alasan inilah Kementerian Kesehatan terus melakukan segala upaya demia tercapainya tujuan tentang HIV AIDS ini.

Namun, salah satu satu tujuan yang sampai hari ini masih belum tercapai adalah meningkatkan pengetahuan tentang HIV AIDS itu sendiri dikalangan remaja dan anak usia sekolah.

Menurut DR. Nana Mulyana selaku Kepala Bidang Advokasi dan Kemitraan Kementerian Kesehatan, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menunjukkan bahwa masih rendahnya pengetahuan komprehensif tentang HIV AIDS pada remaja dan usia 15 sampai 24 tahun, yaitu hanya sebesar 11,4 persen. Padahal, Kemenkes menargetkan sebanyak 95 persen hingga akhir 2004.

Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan HIV AIDS pada remaja, Kemenkes membuat kampanye dengan tagline 'Aku Bangga Aku Tahu (ABAT)'. Nana mengatakan kampanye ini memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran HIV AIDS di kalangan remaja berusia 15 sampai 24 tahun.

Kampanye ABAT sendiri telah dilakukan oleh pihak Kemenkes dengan banyak cara, salah satunya dengan mengadakan quiz di jejaring sosial. Anda yang berusia 15 sampai 24 tahun dapat mengikuti quiz yang dibuat oleh pihak Kemenkes yang bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), UNAIDS, Universitas Indonesia, dan Aliansi Remaja Independen (ARI).

Jika Anda ingin mengikuti quiz tersebut, Anda dapat mengeklik 10 TEEN QUIZ. Quiz ini berhadiah ponsel pintar untuk 15 orang pemenang dan kuis ini berlangsung hingga 21 Maret 2013.

Dalam sebuah diskusi yang digelar di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Selasa (12/2/2013) Nana mengatakan kalau kuis ini bukan hanya sekedar kuis. Ketika Anda mengikuti kuis tersebut, secara tak langsung Anda akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan HIV AIDS. Semoga dengan diadakannya kuis ini, para remaja semakin paham dan mengerti mengenai HIV AIDS dan bahayanya. (Adt/Igw)
Comments
Sign in to post a comment