Wanita Gemuk Memotret Dirinya Untuk Lihat Respons Orang Padanya

  • Info Sehat
  • 0
  • 09 Feb 2013 10:07

wanita-gemuk130209a.jpg
Seorang wanita obesitas di Amerika Serikat yang memiliki hobi fotografi mencoba memotret momen dan tatapan kejam orang-orang di sekitarnya yang memandangnya dirinya yang bertubuh besar.

Halley Morris Cafiero (37) adalah seorang seniman dari Memphis, Tennesse. Hobi memotretnya tersebut sering ia lakukan di dalam restoran, tempat belanja, dan tempat-tempat keramaian seperti di daerah Times Square, untuk melihat mimik wajah orang-orang ketika melihatnya ada di sekitar tempat tersebut.

Bukan hanya sekedar memotret, Halley juga memasukkan hasil jepretannya tersebut ke dalam situs pribadinya haleymorriscafiero.com . Di dalam situs tersebut ia menulis, "I have always been aware of people making faces, commenting and laughing at me about my size," atau "Saya selalu sadar akan tatapan orang kepada saya, komentarnya, dan menertawakan saya tentang ukuran saya."

Halley mengakui bahwa berat badannya telah menjadi momok tersendiri untuknya. Selama masa pertumbuhannya menjadi lebih dewasa, ia sering merasa ditinggalkan dan canggung akan kehidupan di sekitarnya.

Seperti dilansir Dailymail, Sabtu (9/2/2013) ia mengatakan kalau godaan terbesarnya adalah donat. Ia sangat menyukai cemilan berbentuk bulat yang ditaburin pemanis tersebut, dan ia tak kuasa untuk menolaknya.

Halley menceritakan soal foto-fotonya yang diberi judul 'Wait Watchers'. Dia mengatakan, "Saya memutuskan untuk memotret diriku yang sedang duduk sendirian di tangga sekitar Times Square, untuk menangkap kesendirian saya di kerumunan orang sibuk."

"Setelah melihat hasilnya, saya melihat bahwa seorang pria berdiri di belakang saya, dan dia sedang difoto oleh seorang wanita berambut pirang yang sangat cantik,"

"Sewaktu ia berpose untuk kameranya, ia mencibirku dari belakang punggungku,"

"Lima menit kemudian, di lokasi lainnya, seorang pria ternyata memlototi punggung saya ketika saya memoto diri saya sendiri waktu sedang duduk sendiri di kafe." curhatnya.

Untuk mendapatkan fotonya tersebut, ia sering membawa tripod untuk ia gunakan meletakkan kameranya, dan menjepret dirinya sendiri. Semua itu ia lakukan ketika ia sedang makan, membaca, atau berbicara di telepon.

Halley mengatakan bahwa ia telah berhasil mengabadikan ribuan foto yang ia kumpulkan sejak tahun 2010. Sampai saat ini, karyanya tersebut diterima baik di masyarakat luas.

Namun, tak semua orang dapat mengapresiasikan foto-fotonya tersebut. Terbukti dari salah satu komentar yang ia terima di dalam situsnya tersebut mengatakan kalau Halley memiliki sikap yang sombong dan berpikir orang-orang benar menilai tubuhnya.

Memang, sampai saat ini, menurut WHO (World Health Organization), masih banyak populasi dewasa yang mengalami obesitas. Dan stigma gemuk di masyarakat Amerika masih menjadi masalah global tersendiri.

Individu yang kelebihan berat badan dan obesitas memang mengalami diskriminasi dalam segala hal, situasi, dan kondisi.

(Adt/Igw)
Terpopuler