Alasan Mengapa Bayi Anda Harus Bersendawa

on

Jika Anda adalah seorang ibu baru, maka Anda mungkin berpikir bahwa ketika bayi Anda bersendawa adalah tingkah yang lucu dan menggemaskan.

Tapi, bersendawa pada bayi jauh dari kesan lucu. Soalnya, bila Anda menyusui bayi Anda, bayi tersebut cenderung menelan banyak gas bersama dengan susu.

Hal ini akan membuat perut bayi mengandung banyak gas. Namun, Anda tidak perlu membuat bayi Anda senantiasa bersendawa setiap kali ia selesai menyusui.
Seperti dilansir boldsky, Sabtu (9/2/2012) ada beberapa fakta yang harus ketahui seorang ibu mengenai hal seperti ini.

Jika Anda menyusui bayi bukan dari botol, kebutuhan untuk bersendawa jauh lebih rendah. Hal ini karena ASI bayi menelan kurangnya udara sementara ia makan.
  • Jika bayi Anda pergi tidur setelah menyusui, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat anak Anda bersendawa. Jika bayi Anda tidur dengan nyaman, maka itu tandanya ia tidak mengandung gas.
  • Setelah 6 sampai 8 bulan, bayi Anda mungkin tidak bersendawa sama sekali. Bersendawa hanya untuk bayi yang baru lahir yang tidak tahu bagaimana caranya menyusui. Tapi, begitu bayi Anda belajar makan dengan benar, maka dia akan menelan udara kurang alami.
  • Jika bayi Anda menangis atau tampak tidak nyaman saat makan, paksalah ia untuk bersendawa di tengah-tengah waktu istirahat makan. Jika perut bayi terisi gas, dia tidak akan makan dengan benar.
Sekarang Anda tahu mengapa penting bagi bayi Anda untuk bersendawa dan juga mengetahui fakta-fakta yang berkaitan dengan bersendawa. Apa yang perlu Anda lakukan agar bayi Anda bersendawa dan mengeluarkan gas.

Sekarang setiap bayi memiliki keunikkannya masing-masing.

Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk membuat anak Anda yang baru lahir bersendawa.
  • Dekap bayi Anda di dekat dada Anda. Biarkan wajahnya berada di atas bahu Anda. Pukul bayi Anda dengan lembut di bagian belakangnya dan buatlah ia bersendawa.
  • Anda juga dapat meletakkan bayi di pangkuan Anda. Menepuk punggung bayi sehingga tekanan pada perut bayi dapat diubah menjadi bentuk bersendawa.
Bersendawa merupakan hal alami yang terjadi pada bayi. Jadi, jangan pernah khawatir tentang hal itu. Gunakan bersendawa untuk meringankan bayi Anda ketika ia merasa tidak nyaman.

Bersendawa pertama kali pada bayi Anda adalah pengalaman tersendiri untuk Anda. (Adt/Igw)
Suka artikel ini?
Aditya Eka Prawira
Aditya Eka Prawira

  Full bio »

0 Comments