Sukses

Kecanduan Minuman Soda, Pria 25 Tahun Kehilangan Semua Giginya

Segala sesuatu yang berlebihan tak akan bagus untuk tubuh. Seorang pemuda yang kecanduan minum soda sampai kehilangan semua giginya, padahal ia masih berusia 25 tahun.

Segala sesuatu yang berlebihan tak akan bagus untuk tubuh. Seorang pemuda yang kecanduan minum soda sampai kehilangan semua giginya, padahal ia masih  berusia 25 tahun.

Pekerja Australian Hotel William Kennewell mengabaikan peringatan dokter giginya karena kesukaannya dengan minuman soda bisa membusukkan giginya dan sekarang ia menggunakan gigi palsu di usianya yang masih muda.

Dailymail, Rabu (6/2/2013), memberitakan, William kencanduan dengan minuman manis. Ia sehari saja bisa minum delapan liter. "Saya minum antara enam dan delapan liter minuman ringan, sebagian besar Cola setiap harinya," kata William.

"Aku diberitahu orang normal memiliki sekitar 23 gigi, tapi aku hanya punya 13 gigi di kiri dan mereka harus disingkirkan," katanya kepada surat kabar The Advertiser di Adelaide.

Mr Kennewell, yang tinggal di Salisbury, mengatakan, kebiasaan minum minuman ringan itu berawal sejak bekerja di industri hotel. Saat itu, ia mempunyai akses yang mudah untuk minum Cola. Namun, kecanduannya itu membuat gigi William membusuk begitu parah. Ini menyebabkan keracunan daran. Kini, kesehatannya membaik setelah menggunakan gigi palsu.

Ahli kesehatan Australia melihat kecanduan William sebagai studi kasus untuk menunjukkan mengapa anak-anak harus menghindari minuman bersoda.

Dr Jason Armfield, peneliti senior di Pusat Penelitian Australia untuk Kesehatan Penduduk Oral telah menyerukan adanya peringatan kesehatan pada label minuman ringan tentang risiko kerusakan gigi.

Dia telah melakukan penelitian di 16.800 anak-anak Australia dan menemukan 56 persen yang berusia lima sampai 16 tahun mengonsumsi setidaknya satu gelas minuman manis, minuman ringan atau jus, setiap harinya.

William setuju dengan saran adanya peringatan kesehatan pada minuman ringan. Menurutnya itu adalah ide yang bagus. Kondisi William yang mengalami gigi membusuk sedikit mengherankan. Soalnya, pada Cola 335 ml rata-rata mengandung 35 gram gula.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.