Sukses

9 Makanan yang Terdengar Sehat Tapi Ternyata Tidak

Beberapa makanan berikut ini mungkin sering Anda konsumsi karena menurut Anda sehat, tapi ahli gizi malah mengatakan sebaliknya.

Beberapa makanan berikut ini mungkin sering Anda konsumsi karena menurut Anda sehat, tapi ahli gizi malah mengatakan sebaliknya.

Berikut daftar makanan dan minuman tidak sehat, seperti dilansir Foxnews, Kamis (7/2/2013)

1. Salad

Jangan beranggapan kalau semua salad sehat. Menurut ahli gizi, salad tuna, salad ayam dan salad udang memiliki banyak lemak dan kalori tersembunyi karena kandungan mayones yang tinggi.

Sandwich tuna dapat berisi sebanyak 700 kalori dan 40 gram lemak. Jika Anda memilih salad yang dibuat dari mayones rendah lemak, lebih baik Anda membuat sendiri.

2. Roti gandum

Roti gandum dipercaya makanan sehat tapi menurut ahli gizi, makanan ini justru tidak baik bagi jantung. Roti yang berlabel 'multigrain atau gandum', biasanya dibuat dari biji olahan sehingga Anda tidak mendapatkan manfaat gizi penuh dari gandum.

3. Selai kacang

Kalau sebelumnya dikatakan selai kacang memiliki banyak manfaat, namun ahli gizi mengatakan kalau selai kacang tidak selalu sehat jika dimakan secara teratur. Menurutnya, selai kacang merupakan sumber alami baik bagi lemak tak jenuh. Mungkin ada baiknya, Anda membuat selai kacang dan mentega di rumah.

4. 'Energi' Bar

Bar banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, yang bisa mengakibatkan penyumbatan arteri karena lemak jenuh. Beberapa bar berisi lebih dari 350 kalori yang mungkin bagi kebanyakan orang Ini adalah ide yang baik untuk campuran karbohidrat berkualitas tinggi dan protein sebelum olahraga.

5. Muffin

Muffin yang sering dijual di kedai kopi sebagai teman minum kopi ini memiliki lebih dari 350 kalori, belum termasuk mentega atau selai muffin. Jika muffin sering dikonsumsi, tentu sangat tidak menyehatkan. Makan hanya setengah dan sisakan pada sore hari.

6. Smoothies

Smoothies dibuat dari buah yang menyehatkan jadi tidak ada yang menyangka kalau minuman ini tidak sehat karena dicampur susu rendah lemak.

Menurut ahli gizi, kandungan Smoothies tidak proporsional. jika dikombinasikan dengan eskrim, tentu kalorinya mencapai 500 kalori.

7. Makanan berlabel 'rendah lemak'

Bebas lemak bukan berarti bebas kalori. Hanya karena makanan tidak mengandung lemak,  tidak membuatnya menjadi makanan kesehatan. Tentu saja, ada banyak makanan bebas lemak seperti buah dan sayuran. Tapi masyarakat cenderung tidak memperhatikan label nutrisi saat membeli makanan kemasan untuk memastikan produk bergizi. Kalori, natrium, serat, dan vitamin dan mineral adalah semua aspek yang harus Anda pertimbangkan dalam selain lemak.

8. Kentang panggang

Kentang kaya akan vitamin C, potasium, dan serat. Kentang panggang mengandung sekitar 160 kalori. Tapi jika Anda makan di restoran, jangan menganggap bahwa kentang panggang adalah pilihan sehat pada menu.

Banyak restoran yang menawarkan kentang panggang dengan mentega, krim, keju, dan lainnya sehingga kandungan kalori mencapai 600 kalori dan 20 gram lemak. Coba olah sendiri kentang panggang yang sehat di rumah Anda dengan menambahkan beberapa ayam cincang.

9. Minuman olahraga

Jika Anda pergi untuk berjalan-jalan santai atau melakukan beberapa pekerjaan rumah yang ringan, pasti Anda tidak melewatkan minuman olahraga. Memang kebanyakan minuman olahraga memang mengandung elektrolit penting seperti kalium dan natrium untuk pelatihan daya tahan, tapi kebanyakan minuman olahraga mengandung 125 kalori atau lebih sehingga ada baiknya Anda memilih untuk air putih atau minuman bebas kalori untuk menghilangkan rasa dehidrasi. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini