Ibu Melahirkan di Bidan Bisa Kurangi Operasi Caesar

  • Info Sehat
  • 0
  • 07 Feb 2013 17:30

lahiran-bidan130204a.jpg
Tingkat kelahiran dengan caesar pada ibu hamil di Amerika Serikat meningkat selama dua dekade terakhir. Dan penelitian AS menemukan, perempuan yang melahirkan di bidan di klinik bersalin cenderung mengurangi dilakukannya operasi caesar dibandingkan dengan perempuan yang melahirkan di rumah sakit.

"Pusat lahir memiliki fasilitas seperti rumah yang ada dalam sistem kesehatan dengan program perawatan yang dirancang dalam model kesehatan kehamilan dan kelahiran," kata Lesley Rathbun, Presiden dari American Association of Birth Pusat, seperti dikutip UPI, Kamis (7/2/2013),

"Mereka secara unik diposisikan untuk menyediakan wanita sehat dan bayinya dengan perawatan bersalin untuk menghindari kelahiran caesar yang tidak perlu dan pribadi untuk kebutuhan setiap individu wanita," ujar Rathbun.

Jumlah kelahiran caesar di Amerika Serikat sebanyak 23 persen pada 2010. Ini menghasilkan keprihatinan karena banyak yang memberikan implikasi kesehatan untuk jangka panjang dan pendek bagi perempuan, bayi, dan kehamilan berikutnya.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 15.500 wanita yang menerima perawatan di 79 bidan di klinik bersalin di 33 negara dari tahun 2007 sampai 2010.

Studi ini menemukan, kurang dari 6 persen peserta studi yang berisiko rendah perlu dilakukan operasi caesar dibandingkan dengan 24 persen perempuan berisiko rendah yang dirawat di rumah sakit.

Wanita yang menerima perawatan di bidan di pusat persalinan juga mengeluarkan biaya medis yang lebih rendah.(Mel/Igw)
Terpopuler