Sukses

Hati-hati Infeksi Jamur Pada Lensa Kontak

Seorang wanita harus rela kehilangan matanya setelah terinfeksi jamur yang terdapat pada lensa kontak. Jacqueline Stone terinfeksi jamur yang terdapat pada lensa kontak

Seorang wanita harus rela kehilangan matanya setelah terinfeksi jamur yang terdapat pada lensa kontak.

Jacqueline Stone, seorang wanita berusia 42 tahun ini mengaku menghabiskan 17 minggu di rumah sakit setelah memakai lensa kontak dalam satu hari dan tiba-tiba merasakan rasa sakit yang menyiksa.

Stone sekarang mengambil tindakan hukum karena dirinya percaya kalau infeksi pada matanya ini disebabkan oleh Dailies Comfort Fokus lensa All-Day yang ia beli secara online.

"Lensa tersebut tidak nyaman digunakan sepanjang hari dan ketika saya coba untuk mengambilnya, lensa kontak sebelah kiri menjadi menempel di matanya," kata Stone.

Sesaat setelah menggunakan lensa kontak tersebut, penglihatannya menjadi kabur dan setelah kejadian pada bulan Mei lalu, ia mengunjungi dokter, dan memberikan dia obat tetes mata.

Tapi dua hari kemudian, wanita yang bekerja sebgai asisten guru matematika ini mengalami kesakitan sehingga ia harus pergi ke unit gawat darurat untuk diberikan tetes mata lagi.

Kondisinya terus memburuk dan semakin lama matanya semakin menutup.

"Saya berteriak pada anak saya Charlie yang berusia 15 tahun untuk memanggil ambulans dan aku diberi morfin, tetapi rasa sakit itu sama sekali tidak bisa dibandingi ketika saya melahirkan 2 kali. Mungkin karena sakitnya di daerah sensitif seperti mata," ujarnya, seperti dilansir Telegraph, Sabtu (2/1/2013).

Stone dirawat oleh dokter spesialis di Rumah Sakit Broomfield di Chelmsford, Essex, dan di Moorfields Eye Hospotal di London.

"Sebulan kemudian saya datang ke Rumah Sakit Addenbrooke, Cambridge, dan mereka mendiagnosa saya rerinfeksi jamur disebabkan oleh Fusarium pada lensa kontak," jelasnya.

Tiga lapisan matanya dan 70 saraf telah rusak dan setelah 22 kali operasi ia harus rela kehilangan matanya.

Pengaruh obat yang kuat juga menyebabkan muntah parah pada Stone dan membatnya mengalami pendarahan internal.

Stone yang mengatakan takut terinfeksi kembali, membeli kontak lensa dari situs Lenstore.co.uk. Alcon EyeCare UK Ltd merupakan perusahaan induk untuk Cibavision, perusahaan yang membuat lensa kontak.

Dia kini berencana untuk menggugat Alcon dan Broomfield dan Rumah Sakit Moorfields.

Alcon mengatakan mereka telah menyelidiki dan menemukan hubungan antara lensa kontak dan masalah kesehatan yang dialami Stone

Seorang juru bicara untuk Rumah Sakit Mata Moorfields mengatakan, "Moorfields menyesal mendengar kisah sedih Nyonya Stone dan kami menyampaikan rasa simpati kami di masa sulit ini. Kami mengambil tuduhan tentang perawatan yang diterima oleh pasien kami ini sangat serius dan kami akan melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengidentifikasi perbaikan yang perlu diperlukan.

Juru bicara Broomfield lainnya menambahkan kalau mereka  jelas bersimpati mengenai kehilangan matanya dan akan menyelidiki keadaan nyonya Stone untuk memastikan kalau mereka bisa dipercaya.

Jamur Fusarium, sering ditemukan di tanah, air dan bahan organik.  Jamur ini sudah banyak menyebabkan infeksi di Amerika Serikat dari tahun 2006, di mana 154 orang terinfeksi dan 34% transplantasi kornea.

Para ahli mengatakan kalau ketika infeksi menyerang kornea mata, akan sangat sulit untuk diobati. Lakukan diagnosis dini dan segera lakukan pengobatan jika terjadi hal pada mata Anda.

Gejala-gejala yang dialami seperti penglihatan menjadi kabur, iritasi mata, nyeri, dan kepekaan terhadap cahaya.

Contact Lens British Association mengatakan kalau cara untuk menghindari jamur masuk ke dalam lensa kontak Anda adalah dengan tidak menggunakan air keran untuk membilas lensa atau menyimpannya. Tidak memakai lensa sambil berenang, mandi atau berendam di kolam air panas, dan keringkan tangan Anda sebelum menggunakan lensa kontak. (Fit/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.