Sukses

Pubertas Dini, Produk Deodoran Dirancang Khusus untuk Anak-anak

Beberapa tanda mulai ditunjukkan terjadinya pubertas dini pada anak. Salah satunya dengan hadirnya deodoran yang dirancang khusus untuk anak-anak

Menurut sebuah penelitian, sekarang ini anak laki-laki mengalami pubertas lebih cepat dua tahun dari pada anak laki-laki di masa lalu. Hal seperti itu pun terjadi pada anak perempuan.

Bahkan beberapa tanda mulai ditunjukkan bahwa anak laki-laki berusia enam tahun dan anak perempuan berusia 7 tahun akan mengalami pubertas lebih awal.

Salah satunya adalah dengan hadirnya deodoran yang dirancang untuk anak-anak yang berusia 8 tahun yang siap dijual ke seluruh negeri.

Seorang dokter mengatakan, bagaimana pun itu tidak lagi menjadi hal yang tidak biasa untuk anak perempuan berusia yang mulai menunjukkan tanda-tanda awal kedewasaan, seperti berkeringat, pada saat ia berusia 9 tahun.

Hal seperti itu pun akan terjadi pada anak laki-laki berusia sepuluh tahun. Dan, semua ini terjadi lebih awal dua tahun dari pada anak-anak yang lahir di masa lalu.

Para dokter tidak dapat menjelaskan secara penuh masalah fenomena yang sedang terjadi ini. Tapi, satu terori yang dapat dikaitkan dengan ini semua adalah bahwa terdapat banyaknya bahan kimia di lingkungan sekitar bersamaan dengan banyaknya makanan olahan dan plastik yang meniru efek dari hormon yang memicu anak-anak mengalami pubertas lebih cepat.

Bukan hanya itu, studi lain telah dikaitkan dengan terjadinya pubertas dini pada anak-anak terjadi karena anak-anak tersebut rentan terhadap sinar buatan yang terpancar dari layar televisi dan komputer.

Apa pun alasannya, banyak orangtua dari anak-anak tersebut mulai khawatir dan gelisah serta banyaknya keluhan dari orangtua, terutama ibu, yang mengeluh kalau seragam sekolah anak-anaknya harus dicuci setiap hari.

Seperti dilansir Dailymail, Selasa (29/1/2013) deodoran untuk anak-anak ini dikembangkan oleh Michael dan Roberta Harris dari Hertfordshire. Keduanya memiliki latar belakang industri farmasi.

Ide ini muncul setelah keduanya melihat cucunya yang berusia 7 tahun mengembangkan bau badan. Lalu, keduanya mengembangkan roll on bebas aroma untuk anak-anak usia 8 tahun. Dan keduanya juga membuat deodoran semprot untuk anak-anak berusia 11 sampai 14 tahun.

Deodoran untuk anak-anak ini terlah dijual di lebih dari 600 toko di Inggris. Harga deodoran roll-on dibandrol dengan harga 2,99 poundsterling (Rp 45 ribu) dan deodoran semprotan dibandrol dengan harga 3,29 (Rp 49 ribu)

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.