Daftar Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan, No. 1 Mengupil

  • Info Sehat
  • 0
  • 25 Jan 2013 12:31
Kebiasaan buruk memang semestinya Anda tinggalkan apalagi kebiasaan yang sering Anda lakukan tanpa disadari yang bisa merusak kesehatan bahkan mengganggu etiket sosial umum.

Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang semestinya tidak Anda lakukan, seperti dilansir Healthmeup, Jumat (25/1/2013) :

1. Mengorek hidung (mengupil)

Mengupil bisa menyebarkan berbagai infeksi seperti pilek dan flu. Setelah menyentuh beberapa hal dan kemudian dengan menggunakan jari yang sama ke dalam hidung Anda, bisa-bisa Anda malah akan pergi di klinik dokter. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan seperti menarik zat lengket dari hidung Anda, atau mengambil sisa makanan dari untaian mulut Anda.

2. Pesta minuman keras

"Minuman beralkohol bisa menyebabkan banyak kematian dan rawat inap di seluruh dunia," kata Dr Vihang.

Minuman keras menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang seperti masalah hati, kenaikan berat badan, pusing dan kelelahan.

3. Anda menjadi 'burung hantu' di malam hari (Begadang)

Banyak dari kita, bangun tengah malam untuk persiapan ujian dan pekerjaan. Tetapi jika ini menjadi rutinitas, Anda malah bisa merusak tubuh Anda.

Tanpa tidur selama kurang dari 6-8 jam, Anda bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan menjadi lemah. Untuk melawan berbagai penyakit, maka perlu setidaknya tidur minimal 7-8 jam hampir setiap malam dalam seminggu. Tidur malam yang baik juga membantu Anda tetap terjaga dan segar sepanjang hari.

4. Selalu merasa kesepian

Dr Vahia mengatakan kunci kesehatan yang baik adalah pikiran yang sehat dan segar. Jika pikiran Anda sehat, hal itu akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda hanya untuk memikirkan kesepian Anda dari setiap tantangan sosial lainnya, atau apa pun yang dapat menyebabkan perasaan putus asa dan frustrasi, dengan memisahkan diri dari orang-orang, dan menekankan pikiran dan tubuh Anda maka Anda merugikan kesehatan mental Anda.

5. Memakai headphone selama berjam-jam

Headphone atau earphone adalah sahabat tunggal kita sepanjang hari. Mendengarkan musik untuk mengisi waktu, saat bepergian atau saat bekerja. Tapi, jika Anda telah menggunakan headphone selama berjam-jam, tanpa istirahat, maka Anda perlu menjaga kebiasaan ini.

Dr Vihang mengatakan kalau mendengarkan musik keras melalui earphone, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Mendenagrkan musik dari headphone juga sama saja mengabaikan gejala minor dari gangguan pendengaran yang merupakan salah satu penjahat terbesar kesehatan.

6. Terlalu lama menonton televisi

Duduk selama berjam-jam di sofa, menonton sebuah kotak yang dapat membuat hati dan mata Anda beresiko. Menonton TV terlalu sering dapat membuat Anda mengalami peningkatan risiko serangan jantung, stroke dan obesitas.

Semakin Anda terpaku ke TV, kehidupan lebih bergerak akan mempengaruhi tingkat lemak dan gula dalam darah Anda meningkat. Selain itu juga menonton televisi juga bisa merusak mata akibat bias cahaya yang dipantulkan televisi.

7. Memakai sepatu hak tinggi

"Perempuan cenderung lebih senang menggunakan sepatu hak tinggi setiap hari. Padahal sepatu hak tinggi bisa membahayakan tubuh seperti mempengaruhi postur tubuh Anda, memberikan tekanan pada sendi yang dapat menyebabkan radang sendi, nyeri punggung dan cedera tendon bahkan kecelakaan," kata Dr Tina Mahendraker, Fisioterapis asal Mumbai, India.

Jadi untuk mencegah efek yang mengerikan seperti pada kesehatan, Dr Tina menyarankan untuk menggunakan sepatu tidak lebih dari 1,5 inci, dan memakai sol untuk mengurangi tekanan pada sendi Anda.

8. Membawa tas ekstra berat

"Membawa tas berat dapat menyebabkan berbagai efek jangka panjang seperti nyeri punggung yang serius, nyeri leher dan postur tubuh yang buruk,"kata Dr Tina. Oleh karena itu, untuk menghindari penuaan tubuh Anda sebelum waktunya, nikmatilah menggunaka tas yang ringan.

9. Tidur dengan Makeup

Banyak gadis memiliki kebiasaan tidur dengan riasan mereka masih menempel pada wajahnya. Apapun alasannya, kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit wajah Anda.

Tidur dengan riasan make up bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit padat dan bintik-bintik. Selain itu, maskara dan riasan mata lainnya dapat menyebabkan iritasi, bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

10. Makan terus, bahkan ketika tidak lapar

Makan yang banyak bahkan ketika Anda tidak lapar, dapat membuat tubuh Anda memiliki kalori ekstra  yang selanjutnya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang kronis seperti diabetes, masalah jantung dan keasaman lambung.

11. Tidak bisa hidup tanpa rokok

Di balik setiap bungkus rokok, kita selalu membaca merokok bisa menyebabkan penyakit. Namun orang-orang masih bertahan dengan kebiasaan merokok.

Dr Sunesara mengatakan kalau merokok satu batang rokok sehari, dapat menyebabkan pembekuan darah yang menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.

12. Berbohong

Banyak orang melegalkan berbohong demi kebaikan. Tapi Dr. Vihang tidak setuju, menurutnya kebohongan bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Jika Anda berbohong terus-menerus, Anda akan memiliki ketakutan dari kebenaran yang sebenarnya.

Hal ini akan membuat perasaan stres yang bisa menyebabkan sakit kepala dan kecemasan.

13. Tidak lepas dari obat-obatan

Jika Anda minum pil untuk sakit kepala biasa atau kram akibat menstruasi, lebih baik Anda berpikir kembali karena kedua masalah tersebut normal terjadi. Dr Sunesara mengatakan kalau Anda bisa makan makanan bergizi dan tambahan nutrisi daripada minum obat terus menerus.

14. Melewatkan sarapan

Menurut Ms Eileen, seorang Ahli Gizi dari Mumbai, India, jika Anda sarapan hanya dengan secangkir kopi, maka hal ini akan mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Selain itu juga akan membahayakan cadangan energi yang mempengaruhi metabolisme Anda.

Jika Anda melewatkan sarapan Anda, Anda akan cenderung untuk makan lebih banyak pada makanan lain dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Eileen mengatakan kunci sarapan yang baik adalah keseimbangan protein, lemak dan karbohidrat.

15. Anda jatuh cinta dengan makan junk food

Kehidupan yang bergantung pada makanan cepat saji akan menambah ukuran pinggang Anda dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti masalah kolesterol, diabetes dan penyakit jantung.

16. Menggigit kuku

Kebiasaan ini biasanya Anda lakukan ketika sedang gugup. Dr Sunsesara mengatakan kalau tangan Anda memiliki kuman jahat yang tidak Anda sadari mungkin bisa masuk ke mulut Anda.

17. Mengabaikan seks

Apapun alasannya, apakah pekerjaan yang terlalu banyak atau stres, menghindari seks selama beberapa hari atau bulan pada satu waktu tidak baik. Seks baik untuk kesehatan Anda. Ini membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan hubungan.

Jika Anda tidak tertarik mengenai hal ini, mungkin sebaiknya Anda perlu berbicara dengan dokter Anda segera karena libido yang rendah dapat melampaui stres dan dapat menyebabkan hipertensi atau ketidakseimbangan hormon.

18. Makan Cepat

Makan dengan kecepatan kilat karena tekanan pekerjaan bisa mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Anda harus mengambil setidaknya 20 menit untuk menyelesaikan setiap makan. Jika Anda hanya menelan makanan Anda, tanpa mengunyah dengan benar, hal ini dapat menyebabkan gas keasaman seperti kembung. Oleh karena itu, perlambat ritme makan Anda dan menikmati makanan Anda.

19. Berada di hubungan yang tidak sehat untuk waktu yang lama

Jika Anda berada dalam suatu hubungan yang jauh dari sukacita dan kebahagiaan, maka lebih baik untuk meninggalkan hubungan tersebut.

Jika Anda telah menderita hubungan yang tidak sehat dalam waktu yang lama, seperti hubungan yang kasar secara verbal atau fisik, atau mendorong Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak sehat, maka Anda merugikan kesehatan Anda. Hubungan yang tidak sehat dapat menyebabkan stres dan  menurunkan sistem kekebalan dan pencernaan.

20. Memencet jerawat

Jika ada beberapa jerawat di wajah Anda, Anda harus menahan diri kebiasaan memencet jerawat. Jika Anda terus-menerus khawatir tentang jerawat, maka jerawat akan lebih banyak. Selain itu akan menyebabkan luka dan peradangan. Oleh karena itu, berhenti memencet jerawat di wajah Anda untuk menghindari memburuknya masalah kulit. (Fit/Igw)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler