Sukses

Bahan Alami yang Bisa Dipakai Pria untuk Bercukur

Usai bercukur eorang pria akan mengoleskan aftershave seperti lotion, gel atau cairan apa pun ke kulit. Pria menggunakannya untuk menenangkan kulitnya setelah ia mencukur jenggot atau kumis.

Usai bercukur eorang pria akan mengoleskan aftershave seperti lotion, gel atau cairan apa pun ke kulit. Pria menggunakannya untuk menenangkan kulitnya setelah ia mencukur jenggot atau kumis.

Lotion setelah bercukur itu pada dasarnya untuk mencegah terjadinya iritasi dan luka cukur yang akan memengaruhi kulit Anda.

Aftershave mengandung alkohol dengan jumlah yang sangat sedikit dan juga mengandung sedikit rempah-rempah. Sebenarnya, aftershave ini dapat Anda buat sendiri dengan membeli bahan-bahannya di pasar dan tidak perlu membuatnya dengan bahan yang terlampau banyak.

Seperti dilansir Boldsky, Selasa (22/1/2013) Anda dapat membuat sendiri Aftershave tersebut dengan bahan-bahan yang ada di bawah ini untuk mencegah kulit gatal, luka cukur atau benjolan yang berasal dari pisau cukur:

1. Aloe vera

Aloe vera adalah salah satu aftershave yang paling umum yang dapat Anda buat sendiri. Selain itu juga, Aloe vera sangat efektif dan ramah terhadap kulit juga.

Setelah mencukur, Anda dapat memijat kulit yang habis Anda cukur dengan ekstrak lidah buaya. Gel atau ekstrak yang terbuat dari Aloe vera memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang mampu melindungi kulit dari luka cukur, iritasi kulit, dan infeksi.

2. Tea tree oil atau minyak pohon teh

Pijat wajah Anda dengan minyak pohon teh setelah bercukur. Aftershave buatan Anda ini sendiri dapat menyembuhkan luka pisau cukur dan dapat menenangkan luka ringan akibat silet cukur.

Anda dapat mencampur minyak pohon teh dengan minyak lavender untuk menyiapkan aftershave buatan Anda sendiri menggunakan minyak esensial.

3. Kulit jeruk

Campurlah sedikit kulit jeruk dengan rum, cengkeh, kayu manis, dan sedikit vodka. Simpan di tempat gelap dan dingin selama dua minggu (dan jangan pernah disentuh)

Alkohol mampu mengekstrak minyak esensial dari rempah-rempah.

Saring semua campuran tersebut sebanyak tiga sampai empat kali sampai larutan disaring dengan jelas. Simpan dalam botol dan digunakan setelah bercukur.

4. Kenari dan minyak zaitun

Jika Anda membuat aftershave sendiri dengan bahan-bahan ini juga berfungsi sangat baik untuk kulit dan menjadikan kulit alami juga.

Campur kenari dengan air suling dan beberapa tetes minyak zaitun. Tambahkan beberapa bahan herbal seperti bunga lavender, rosemary, dan kulit lemon atau jeruk.

Dalam toples tambahkan sedikit cengkeh, kayu manis, dan campuran lainnya. Tutup toples dan simpan di tempat yang dingin selama 2-3 minggu.

Lalu, kocok toples tersebut seminggu sekali. Saring cairan dalam saringan dan simpan dalam toples. Terapkan cairan aftershave buatan sendiri untuk mendapatkan kulit lembut dan halus.

Yang terpenting adalah ketika Anda selesai bercukur, hindari membilas wajah Anda dengan air panas atau air hangat. Dan juga jangan menggosokkan handuk pada kulit setelah bercukur. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.