8 Pose Yoga Eksklusif untuk Anak-anak

  • Fit
  • 0
  • 22 Jan 2013 09:04

yoga-anak130119b.jpg
Yoga adalah bentuk latihan yang mempengaruhi baik tubuh dan pikiran. Bahkan, beberapa teknik yoga memiliki kapasitas untuk menyembuhkan penyakit kronis seperti asma dan diabetes.

Membuat anak-anak Anda melakukan yoga dari usia dini mungkin bisa menuai manfaat bagi mereka nanti. Beberapa pose yoga untuk anak-anak membantu pertumbuhannya secara umum.

Seperti dilansir Boldsky, Selasa (22/1/2013), Pose yoga membantu masalah postur berdiri anak-anak yang benar bisa dengan pose ambil gunung. Ada beberapa pose yoga lainnya yang secara khusus dilakukan untuk anak-anak seperti berikut ini.

1. Pose tangan untuk kaki

Anak Anda bisa duduk dengan kaki terentang lurus di depan mereka. Minta mereka untuk menahan jari-jari kaki mereka tanpa menekuk lutut mereka. Ini asana yoga yang melatih peregangan otot.

Pose ini sangat baik karena membantu anak-anak Anda untuk tumbuh lebih tinggi dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh juga.

2. Pose Kupu-kupu

Biarkan anak untuk duduk di tikar atau di lantai dengan kaki terentang. Kemudian lipat kaki ke dalam sehingga dua kaki saling berhadapan.

Pose kupu-kupu bisa menimbulkan perasaan menyenangkan untuk latihan peregangan padaotot paha.

3. Pose gunung

Buatlah anak Anda berdiri tegak dengan tangan di atas kepala. Pose ini bisa meningkatkan konsentrasi pada anak, keseimbangan tubuh dan juga memperbaiki cacat postur mereka.

4. Pose kobra

Mintalah anak Anda untuk berbaring dengan perut di lantai kemudian angkat tubuh bagian atas dengan membebankan tubuh di lengan seperti push up.

Ini asana yoga yang bisa memperkuat sumsum tulang belakang anak dan juga meningkatkan fleksibilitas. Selain itu, pose ini juga membantu mencerna makanan lebih cepat.

5. Pose angsa

Anak-anak biasanya akan senang dengan pose ini karena meniru angsa dan terbang jauh. Baringkan tubuh anak Anda dengan perut bagian bawah, kemudian lipat kakinya sebatas lutut dan biarkan anak Anda mengangkat tubuh bagian atas dengan lengan sebagai penobang beratnya. Pastikan anak untuk melihat ke langit.

Pose ini bisa membuat sirkulasi darah yang baik dan membuat anak Anda lebih waspada.

6. Pose anjing melihat ke bawah

Buat anak Anda merangkak seperti anjing dengan kepala membungkuk menghadap ke bawah. Selain menyenangkan, pose ini bisa meningkatkan sirkulasi darah darah dan memperkuat lehernya.

7. Pose segitiga

Anda juga dapat mencoba pose ini bersama dengan anak Anda. Berdiri dan buka kaki Anda lebar-lebar, tempatkan lengan Anda secara horizontal dan kemudian membungkuk di satu sisi untuk menyentuh pergelangan kaki Anda. Ini pose yoga membantu agar dada anak bidang dan juga merangsang organ-organ perut agar berfungsi dengan baik.

8. Pose kayu

Minta anak untuk berdiri dengan kaki dilebarkan. Angkat tangannya di atas kepala dan bergabung dengan telapak tangan seperti 'namaste'. Ini bisa membantu menurunkan risiko stres pada buah hati Anda. (Fit/Igw)

Terpopuler