Sukses

Anak-anak yang Minum Susu Lebih Dari 2 Gelas Sehari Bisa Anemia

Susu sangat baik untuk anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan. Minum susu ternyata tidak boleh berlebihan karena anak yang minum susu lebih dari 2 gelas sehari bisa meningkatkan risiko anemia.

Susu banyak mengandung vitamin D kalsium yang baik bagi anak-anak. Tapi penelitian baru-baru ini menunjukkan kalau anak yang minum susu bisa meningkatkan risiko anemia, seperti dilansir Worldintnews, Jumat (18/1/2013).

Susu memiliki banyak manfaat seperti sumber energi, menguatkan tulang dan gigi karena kaya akan kalsiumnya, mengurangi berat badan bahkan bisa mengurangi stres.

Sebuah penelitian yang mengikutkan lebih dari 200 anak-anak prasekolah dan diawasi langsung oleh dokter anak Jonathon M. Maguire dari Michael’s Medical Toronto.

Anak-anak terbukti sangat menyukai susu dan bisa minum lebih dari 3 gelas sehari. Dokter menghubungkan antara minum susu dengan  jumlah feritin di dalam pembuluh darah.

Hasil penelitian memperlihatkan kalau minum susu lebih dari 2 gelas sehari, bisa mengurangi jumlah feritin di dalam pembuluh darah. Jumlah feritin ini menunjukkan berapa banyak zat besi yang disimpan oleh tubuh.

"Susu pasti menjadi pasokan yang diminum rutin oleh anak-anak. Tetapi perlu diketahui untuk ibu dan ayah kalau minum susu secara berlebihan juga tidak baik," kata Maguire.

Banyak orang tua yang beranggapan kalau minum susu bisa menyebabkan anaknya gemuk, padahal kandungan kalori dalam susu hanya sekitar 60 kalori dalam 100 gram.

Pada susu rendah lemah bahkan kandungan ini dapat lebih rendah lagi. Sebagai perbandingan, rata-rata orang makan sekitar 1500-2000 kalori per hari. Maka asupan kalori yang diperoleh dari susu tidak akan bisa membuat gemuk.

Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau ada beberapa anak yang tidak suka susu. Tidak perlu khawatir, hal ini disebabkan oleh anak yang tidak bisa mencerna laktosa sehingga ketika minum susu terdapat rasa mual. Cukup biasakan anak untuk suka dengan susu.

Penelitian ini diterbitkan dalam Records of Pediatrics along with People Drugs. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini