Sukses

Stroberi Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Bagi Wanita

Buah stroberi terkenal dengan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Ternyata selain baik untuk gigi, stroberi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita.

Buah stroberi terkenal dengan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Ternyata selain baik untuk gigi, stroberi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita.

Penelitian ini bukan hanya terfokus pada buah stroberi, tapi juga pada buah blueberry. Kedua buah ini dipercaya peneliti sama-sama memiliki senyawa tanaman yang disebut flavanoid.

Kandungan flavanoid ini bisa ditemukan pada makanan seperti cokelat hitam, buah anggur, anggur merah, blackberry, dan terong.

Menurut peneliti, flavanoid dapat mencegah penyakit jantung dengan cara membantu melebarkan pembuluh darah dengan melawan penumpukan plak yang merupakan penyebab penyumbatan di arteri koroner  di jantung.

Profesor Eric Rimm, ketua tim penelitian mengungkapkan temuan yang muncul di jurnal Circulation ini bahwa Blueberri dan stroberi dapat dimasukkan ke dalam menu diet wanita yang bisa  memiliki dampak yang signifikan terhadap upaya pencegahan penyakit jantung.

"Flavonoid  memang sering dijumpai pada buah dan sayuran, ada kemungkinan kalau makanan lain akan memiliki kandungan ini juga memiliki manfaat kesehatan yang sama," katanya seperti dikutip Telegraph, Rabu (16/1/2013).

Penelitian ini melibatkan 93.600 wanita yang berusia 25 dan 42 tahun.

Hasil penelitian menemukan kalau wanita yang makan buah stroberi dan blueberry dalam seminggu, bisa menurunkan risiko penyakit jantung sekitar 32% dibandingkan dengan wanita lainnya yang kurang makan buah tersebut dalam satu bulan.

"Kami telah menunjukkan bahwa pada usia dini, makan lebih banyak buah-buahan dapat mengurangi resiko serangan jantung di kemudian hari," kata Profesor Aedín Cassidy.

Temuan ini menghubungkan manfaat buah dengan faktor risiko seperti usia, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga serangan jantung, berat badan, olahraga, merokok, kafein dan konsumsi alkohol.(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.