Sukses

Susun Rapi Buku di Rak Agar Tak Terkena Depresi

Tak sedikit dari orang-orang yang memiliki hobi membaca mengalami depresi ketika melihat banyaknya buku yang tak tersusun rapi di rak buku.

Banyak orang yang memiliki hobi membaca dan rajin mengumpulkan beberapa jenis buku untuk dibacanya. Tapi, tak sedikit dari orang-orang tersebut yang mengalami depresi ketika melihat banyaknya buku yang tak tersusun rapi di rak buku.

Apakah Anda ingin menjadi ahli bibilografi yang membanggakan dan memelihara semua buku-buku berharga Anda telah dikumpulkan selama bertahun-tahun.

Berikut ada beberapa tips tentang cara untuk mengatur rapi buku yang ada di rak buku agar Anda terhindar dari depresi seperti dilansir Times of India, Sabtu (12/1/2013):

1. Kosongkan rak buku Anda. Dan jika Anda memiliki banyak buku melebihi dari ruang di rak buku Anda, tumpuk semua buku dari yang Anda sudah selesai membacanya sampai yang belum pernah Anda baca sama sekali. Buku-buku yang sudah selesai dibaca oleh Anda, mungkin dapat Anda juga dan dapat membeli buku-buku dengan judul baru.

Sekarang ini sudah banyak situs di internet untuk menjual dan membeli buku bekas. Atau Anda dapat menyumbangkan kepada organisasi, perpustakaan atau orang lain.

2. Setelah Anda memutuskan pada buku yang Anda inginkan di rak buku Anda, saatnya untuk Anda mengkategorikan buku-buku tersebut. Ada banyak cara untuk melakukan itu.

Anda dapat memasukkan buku-buku itu sesuai dengan penulis, judul, abjad sampai ke genre. Anda juga dapat mengkategorikan buku-buku tersebut sebagai fiksi atau non fiksi.

Simpan selalu buku-buku berat di rak yang lebih rendah dan yang ringan di atas.

3. Setelah Anda memiliki buku-buku yang telah diklasifikasikan, mulailah mengatur buku-buku itu. Tempatkan buku-buku itu secara vertikal pada rak kecuali buku-buku itu terlalu tinggi.

Selalu menempatkan keluar sisi yang mengikat sehingga judul buku tersebut terlihat. (ADT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini