3 Alasan Buah Pir Sangat Baik untuk Penderita Diabetes

  • Info Sehat
  • 0
  • 09 Jan 2013 10:15
Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Maka tidak ada alasan untuk tidak menyukai buah pir. Indonesia juga merupakan salah satu negara pengimpor terbesar buah pir Xiang Li dari Cina.

Setiap tahun, satu pohon pir bisa menghasilkan ratusan buah. Uniknya, pohon ini bisa hidup selama 30 sampai 100 tahun.

Terdapat 30 spesies buah pir hingga saat ini. Pir dan apel memang hampir mirip sehingga beberapa spesies buah ini kadangkala sukar dibedakan. Tapi perbedaan rasa bisa dengan mudah membedakan buah ini.

Pir bisa  Anda makan mentah-mentah  atau dimasak. Buah pir juga kaya akan serat dan antioksidan.  Tambahkan buah pir dalam daftar diet Anda untuk pencegahan diabetes dan menurunkan kolesterol.

Berikut ini adalah tiga alasan mengapa Anda perlu makan buah pir, seperti dilansir Canadianliving, Rabu (9/1/2013)

1. Pir membantu mencegah diabetes

Pir berwarna merah mengandung antosianin, antioksidan yang dapat membantu mengurangi resistensi insulin, suatu faktor risiko untuk terkena diabetes.

Studi dari Harvard University menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi buah pir dalam jumlah yang banyak dari biasanya memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Pir penuh serat

Pir ini penting karena banyak mengandung serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol, dan serat tidak larut, yang membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Satu pir memiliki enam gram serat, atau sekitar 20 persen dari asupan harian Anda yang disarankan.

3. Pir adalah makanan sehat sehari-hari

Pir akan terus matang setelah dipanen, maka dari itu, paling  baik untuk menyimpannya di lemari es karena bisa menunda proses pematangan. Beberapa hari sebelum Anda siap pergi beraktivitas, coba makan satu, atau jika masih belum matang, biarkan pada suhu kamar semalaman dan buah pir ini akan matang ketika Anda memberikan tekanan pada daging buah pir. (FIT/MEL)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler