Sukses

Komnas PA Sebut Indonesia Darurat Kekerasan Seksual pada Anak

Insiden yang menimpa R (11 tahun), bocah yang meninggal dunia karena dugaan perkosaan membuat Komnas PA melihat Indonesia dalam Darurat Kekerasan Seksual pada Anak.

Kasus kekerasan seksual pada anak-anak di Indonesia jumlahnya tak sedikit. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada 2012 saja menerima sekitar 1.634 kasus kekerasan seksual pada anak. Dan insiden paling baru menimpa R (11 tahun), bocah yang meninggal dunia karena dugaan perkosaan. Kejadian itu membuat Komnas PA melihat Indonesia dalam Darurat Kekerasan Seksual pada Anak.

"Dengan Darurat Kekerasan Seksual pada Anak, kita ajak masyarakat mendesak pemerintah memberikan jaminan perlindungan pada anak-anak dari kekerasan seksual," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat dihubungi Liputan6.com, Senin (7/1/2012).

Menurut Arist, Darurat Kekerasan Seksual itu menjadi ancaman di Indonesia. Dari data yang dimiliki, pada 2012 saja Komnas PA mendapat 2.637 laporan. Dan 62 persen merupakan kasus kekerasan seksual pada anak-anak.

"62 Persen merupakan kasus kekerasan seksual yang dilakukan orang terdekat korban. Dan jumlahnya meningkat 10 persen dari tahun 2011," tambahnya.

Pada 2011, dari laporan Komnas PA yang diterima sebanyak 52 persen merupakan kasus kekerasan seksual pada anak-anak. Dan dari laporan itu, belum ada korban yang hingga tewas. Kebanyakan korban mengalami luka-luka berat, vaginanya mengalami kerusakan, dan korban anak-anak itu menjadi stres dan depresi.

Kasus R menjadi pertama kalinya dan terjadi di awal 2013 yang menyebabkan korban meninggal dunia. Dan ini membuat Indonesia dalam kondisi darurat kekerasan seksual.

Bocah R nyawanya tidak terselamatkan setelah koma selama 4 hari. Bocah yang diduga korban perkosaan itu mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu 6 Desember pukul 06.00 WIB di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

R merupakan putri bungsu dari enam bersaudara pasangan suami-istri Sunoto (54) dan Asri (50). Sang bunda, pada Kamis 3 Januari mengatakan kondisi putrinya menurun drastis sejak dua bulan terakhir. Ia mengalami kejang dan penurunan suhu tubuh.

Pada 29 Desember 2012 lalu, R dibawa ke Intensive Care Unit (ICU) RSUP Persahabatan. Saat dokter melakukan penanganan pertama, ditemukan luka lama tak tertangani pada area kemaluan bocah malang tersebut.(MEL/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini